Today

PPKM Darurat, Kusir Delman di Cianjur Sebagian Besar Berhenti Beroperasi

CIANJURTODAY.COM, Cianjur Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada (3/7/2021) lalu, hampir semua kusir delman di Cianjur berhenti beroperasi.

Terutama delman yang biasa mangkal di Jalan Pangeran Hidayatullah dan Jalan Siti Jenab Cianjur.

Menurut salah seorang kusir delman, Ade mengatakan, selama PPKM Darurat, memang banyak kusir yang berhenti narik dan memilih mencari pekerjaan yang lain.

“Hampir semua kusir delman tidak beroperasi, paling hanya ada tiga sampai lima delman saja yang beroperasi. Itu juga penumpangnya hanya satu-dua orang saja,” ujarnya kepada Cianjur Today, Rabu (7/7/2021).

Menurutnya, dengan adanya PPKM Darurat ini, banyak masyarakat yang memilih tinggal di rumah dan membatasi mobilitas mereka.

“Sebelum PPKM Darurat ini, biasanya lumayan ada saja penumpang. Tapi sekarang sepi banget, bahkan teman yang mangkal di Jalan Raya juga pada pindah ke sini,” ucapnya.

Meskipun kusir delman yang lainnya sudah tidak beroperasi, tapi Ade bertekad untuk masih beroperasi, walaupun penghasilan hanya sedikit.

“Karena banyak jalan yang ditutup, warga juga bingung mau gimana. Tapi, saya mah nyoba saja dulu, kalau misalkan disuruh berhenti, paling nanti ganti kerjaan jadi kuli serabutan,” ungkapnya.

Ade mengatakan, untuk membeli makan kudanya saja, dia harus mengeluarkan uang sebesar Rp20 ribu sehari. Sedangkan sekarang sepi penumpang dan ia terpaksa harus mencari tambahan penghasilan.

“Dengan adanya PPKM Darurat ini, pemerintah semoga bisa memberikan kami solusi atau bantuan. Karena kami sekarang tidak ada pemasukan, sementara keluarga di rumah butuh makan,” bebernya.

Ia berharap kondisi saat ini bisa kembali normal seperti dulu dan tidak ada batasan apapun untuk masyarakat.

“Semoga pandemi segera berakhir dan semua kehidupan bisa kembali normal,” tandasnya.(ct9/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button