Today

PPKM Diperpanjang hingga 18 Oktober 2021, Bioskop dan Bandara Mulai Dibuka

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Pemerintah kembali memperpanjang aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama 14 hari, mulai 5-18 Oktober 2021.

Pembatasan level 2-4 di seluruh wilayah Indonesia itu dilakukan untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Keputusan tersebut diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan Senin (4/10/2021) malam.

“Dalam penerapan PPKM yang akan diberlakukan selama dua minggu ke depan, pemerintah melakukan berbagai penyesuaian,” ujar Luhut melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Berikut penyesuaian aturan terbaru dalam PPKM periode 5-18 Oktober 2021 di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Pembukaan pusat kebugaran atau fitness centre atau Gym dengan kapasitas maksimal 25 persen, protokol kesehatan ketat, dan skrining menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Pembukaan itu diterapkan di wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Jogjakarta, dan Surabaya Raya.

  1. Konter makanan dan minuman di dalam bioskop diizinkan buka, namun dengan kapasitas bioskop masih tetap 50 persen. Hal ini akan berlaku untuk kota-kota level 3, 2, dan 1.
  2. Bandara Ngurah Rai Bali akan dibuka untuk internasional pada (14/10/2021). Selama memenuhi ketentuan dan persyaratan mengenai karantina, testing, dan kesiapan Satgas Covid-19.

Nantinya, setiap penumpang kedatangan Internasional harus punya bukti booking hotel, untuk karantina minimal delapan hari dengan biaya sendiri.

  1. Dibukanya kompetisi basket remaja Honda DBL di Jakarta dan Surabaya.

Luhut mengatakan, berbagai pelonggaran dilakukan lantaran situasi pandemi virus corona di Indonesia terus menunjukkan perbaikan.

“Kasus konfirmasi nasional turun 98 persen dan kasus konfirmasi Jawa-Bali juga menunjukkan penurunan hingga 98,7 persen dari puncaknya pada 15 Juli lalu,” ujarnya.

Meski demikian, ia mengingatkan masyarakat agar tak mengalami euforia dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaan PPKM dua pekan ke depan, Luhut menyebut ada 20 kabupaten atau kota yang bertahan di PPKM Level 2.

“Untuk yang di level 3 bertambah dari 84 kabupaten/kota menjadi 107 kabupaten/kota,” tandasnya.(ct7/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button