Tips, Trik, dan Tutorial

Prakerja Gelombang 5 Dibuka Besok, Ini Cara Daftar Paling Manjur!

Prakerja Gelombang 5 akan dibuka besok, Sabtu (15/08/2020). Berikut cara daftar yang gampang dilakukan Kabarnya akan tersedia 800.000 kuota yang disediakan untuk gelombang ini. Hal ini disampaikan Head of Communications Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu.

Nantinya 800.000 orang yang terpilih merupakan mereka yang telah diperhitungkan dalam daftar prioritas. Adapun pendaftaran gelombang 5 dimulai pukul 12.00 WIB. 

“Ada banyak faktor. Kami juga memperhitungkan daftar prioritas yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Louisa, seperti diberitakan¬†Kompas.com, Kamis (13/8/2020).

Seperti telah diketahui, untuk program Kartu Prakerja Pemerintah menyiapkan anggaran sebanyak Rp 20 triliun. Setiap peserta akan mendapat bantuan total Rp 3.550.000. Dari total tersebut, rinciannya mulai dari insentif biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta yang tidak bisa dicairkan (hanya untuk biaya pelatihan).

Kemudian biaya insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan (jika sudah menyelesaikan pelatihan), dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 5

Untuk mendaftar kartu Prakerja gelombang 5, sama saja seperti mendaftar pada gelombang-gelombang sebelumnya. Namun sejak gelombang ke-4 lalu ada beberapa perubahan dalam pendaftaran.

Syarat yang mewajibkan calon peserta harus swafoto atau selfie sudah dihapuskan. Namun untuk kali ini, peserta wajib memasukkan NIK dan nomor KK. Simak ulasan dari Cianjur Today berikut!

  • Pertama, kunjungi situs prakerja.go.id. untuk melakukan pendaftaran. Anda akan diminta memasukkan email dan nomor ponsel. Selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke email atau nomor ponsel.
  • Jika sudah terdaftar, selanjutnya lakukan login akun. Setelah itu
  • klik daftar kartu pra kerja dan isi formulir pendaftaran.
  • Selanjutnya akan ada tes kemampuan dasar. Tes ini merupakan syarat penting yang akan menentukan lulus atau tidaknya, dan berhak atau tidak Anda mendapat Kartu Prakerja.
  • Terakhir hanya tinggal menunggu pengumuman, jika dinyatakan lulus maka kamu akan dihubungi dan memilih pelatihan yang ingin diikuti. Jika tidak jangan berkecil hati, Anda masih bisa mengikuti tes di gelombang berikutnya.(ega/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button