Gaya Hidup

Pre Order Adalah? Pengertian PO di Belanja Online

CIANJURTODAY.COM – Apa pengertian Pre Order atau PO? Adalah istilah tersebut kerap terdengar di zaman yang sudah serba online untuk urusan jual beli. Lalu apa artinya? Simak ulasannya, ya. Kini penggunaan online shop sangat marak dilakukan, bahkan telah menjadi hal yang tak bisa dilepaskan dalam keseharian.

Gebrakan ini tentunya menjadi bentuk kemajuan, orang-orang tak perlu kesulitan berdesak-desakan, panas-panasan menuju pusat perbelanjaan. Cukup tekan dan order di rumah, pesanan pun akan diantar. Dengan seringnya belanja berbasis online, kalian pasti tidak asing dengan istilah pre order atau PO. Istilah ini kerap digunakan para penjual saat menawarkan produknya. Lalu apa pengertian dari Pre Order?

Apa yang dimaksud pre order?

Menurut KBBI, Pre Order adalah suatu perintah untuk melakukan suatu pemesanan barang. Namun Pengertiannya secara umum atau sering disebut (PO) saat ini merupakan sebuah transaksi jual beli online. Dengan sistem ini, para pembeli diminta melakukan pemesanan untuk mengisi slot orderan penjual ataupun harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu diawal.

Setelah itu, baru barang pesannan pun akan datang selang beberapa hari kemudian, sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati dan ditentukan di awal. Lebih mudahnya, PO ini terjadi ketika seorang penjual melakukan open order produknya di media sosial, dan setelah kuota minimal untuk produksi terpenuhi. Maka penjual akan meminta pemesan mentransfer pembayaran produk.

Sistem penjualan ini ramai digunakan produsen dan konsumen dalam transaksi jual beli. Dengan cara Pre Order, penjual dapat mengetahui jumlah produk yang harus ia buat, sehingga tidak akan mengalami kelebihan produk.

Kenapa harus pre order?

Kenapa harus pre order karena biasanya pembeli juga dapat melakukan custom pada produk, sehingga dapat sesuai selera. Agar proses berjalan baik, penjual harus dengan jelas menuturkan produk apa yang dijual, apa saja yang termasuk dalam produknya. Sehingga, pembeli bisa leluasa mempertimbangkan untuk melakukan order.

Setelah proses transaksi atau pembayaran selesai. Biasanya penjual akan melalukan pembuatan produknya, lalu mengirimnya sesuai alamat. Proses ini biasanya membutuhkan waktu tergantung, produk apa yang dipesan, dan jangka waktu pre order yang ditetapkan penjual. Contoh dari kegiatan yang umum terjadi saat ini adalah, seseorang menjual sebuah kue, ia membuka Pre oder atau open PO untuk beberapa waktu.

Orang-orang yang berminat pada produknya, harus mengisi list dan menjelaskan pesanannya secara jelas. Nantinya akan ada proses transaksi pembayaran yang harus dibuat. Jika sudah sesuai persetujuan, pembeli tinggal menunggu barangnya diantar sesuai waktu yang ditentukan bersama. Nah itu dia ulasan seputar pengertian Pre Order. Semoga bermanfaat ya, Today People!

Kekurangan Pre Order

Tidak hanya keuntungan saja, sistem pre order ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Berikut akan kami jelaskan kekurangan Pre Order adalah sebagai berikut:

Produk Lama Diterima Konsumen

Kekurangan pre order adalah produk akan cenderung sampai ketujuan relatif lama, biasanya akan membuat konsumen Anda kemudian tidak tertarik membeli produk tersebut. Biasanya dengan kebutuhan yang mendesak pembeli lebih memilih barang yang stok nya tersedia dibanding barang pre order.

Supplier atau Produsen Terlambat Menyediakan Barang

Apabila produksi barang Anda dilakukan sendiri, hal ini tidak akan menjadi masalah berarti. Namun jika barang yang Anda produksi dilakukan pihak lain, dan mereka telat menyediakan barang tersebut, akan menjadi suatu masalah serius.

Pastikanlah produsen atau supplier dapat memenuhi pesanan customer tepat waktu, sehingga bisnis Anda juga bisa dipercaya oleh pembeli.

Reputasi Bisnismu Akan Buruk Apabila Menerapkan Mekanisme Pre Order yang Salah

Mekanisme pre order adalah harus dijalankan dengan baik, sehingga reputasi usaha Anda memiliki nilai lebih di mata pelanggan. Sebaiknya Anda sebagai seller mengirimkan barang sesuai dengan kualitas barang yang dipromosikan. Hal ini akan membuat pelanggan mempercayai barang yang Anda jual. (ega/sis)

Baca Juga:

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami