NasionalToday

Presiden Jokowi Sampaikan Duka Mendalam Gugurnya 53 Prajurit TNI – KRI Nanggala 402

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Presiden Jokowi menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI Angkatan Laut di KRI Nanggala 402.

Jokowi menyebut, semua awak kapal merupakan putra-putra terbaik bangsa yang telah menjaga perairan Indonesia dengan segenap jiwa raga.

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI Angkatan Laut di KRI Nanggala 402 dalam melaksanakan tugas di perairan utara Pulau Bali,” ungkap Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

“Mereka adalah putra putra terbaik bangsa, patriot terbaik penjaga kedaulatan negara,” ujarnya.

Saat berpidato, Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.

Jokowi mengatakan, pengabdian semua awak kapal akan terpatri di sanubari rakyat Indonesia. Ia berdoa agar arwah para prajurit mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

“Semoga arwah prajurit-prajurit Hiu Kencana tersebut mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan kesabaran dan ketabahan,” ujar Jokowi.

Jokowi juga akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi serta bintang jasa Jalasena atas dedikasi, pengabdian, dan pengorbanan para prajurit yang gugur.

Pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra-putri keluarga prajurit KRI Nanggala 402 hingga jenjang pendidikan S1.

Jokowi menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI, Polri, Basarnas, Bakamla, BPPT, dan KNKT, serta seluruh unsur yang telah berupaya maksimal dalam menemukan KRI Nanggala 402 ini.

“Dan terima kasih, penghargaan juga saya sampaikan atas bantuan dari negara-negara sahabat dalam upaya dan kerja keras pencarian kapal selam KRI Nanggala 402,” paparnya.

Sebelumnya, kapal selam KRI Nanggala 402 hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) pagi. Setelah dilakukan upaya pencarian, semua awak kapal dinyatakan meninggal dunia.

“Dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personel onboard KRI Nanggala-402 telah gugur,” kata Panglima TNI Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers, Minggu (25/4/2021).

Hadi menyampaikan, telah diperoleh citra yang dikonfirmasi sebagai bagian KRI Nanggala 402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, dan bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal.

Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur. Mereka kini berstatus On Eternal Patrol, bertugas dalam keabadian.(sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button