Today

Produktif di Masa Pandemi, APHP SMKN 1 Takokak Kembangkan Program Teaching Factory

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sejumlah siswa jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMKN 1 Takokak kini tengah mengembangkan program Teaching Factory dengan memproduksi berbagai jenis makanan yang bisa dijual. Bahkan, produk yang dibuat oleh para siswa ini telah dipasarkan ke luar daerah Cianjur.

Kepala SMKN 1 Takokak, Ir Sumariyah melalui Ketua Jurusan APHP, Vera Deliana mengatakan, program wirausaha siswa tersebut sudah berjalan lama di SMKN 1 Takokak.

“Seluruh pembuatan produk ini kami buat di labolatorium APHP,” tuturnya kepada Cianjur Today, Kamis (4/2/2021).

Selain itu, lanjut Vera, pemasaran produk dilakukan dengan cara menjajakan berbagai jenis makanan secara langsung di toko dan sudah berjalan beberapa bulan.

“Buka toko sekitar Desember 2020 lalu. Jadi teknis penjualannya, kami melibatkan siswa langsung untuk menjual dan menyebarkan brosur ke instansi serta masyarakat,” ungkapnya.

Vera menyebut, berbagai jenis makanan yang diproduksi oleh para siswa ini di antaranya untuk spesial cake, ada taro crepe cake, tart cake, dan jenis lainnya. Sementara untuk desert-nya ada puding, cheese cake, desert box, dan masih banyak lagi.

“Terus untuk street food, ada hottang, corndog, dan risols mayo. Selain itu, untuk jenis minumannya juga ada healthy juice, mojito, dan fresh milk brown sugar,” ucapnya.

Vera juga mengungkapkan, produk makanan yang diproduksi oleh siswanya ini, sudah bisa menjangkau ke Hotel Horison Semarang, yaitu taro chips.

“Harapannya, kami ingin segera memiliki toko bakery dengan fasilitas yang lengkap,” kata dia.

Sementara itu, Komite SMKN 1 Takokak, Yandi Madyani mengaku sangat mendukung penuh dengan wirausaha yang dilakukan oleh para siswa.

“Saya selaku komite sekolah sangat mendukung penuh dengan program sekolah, apalagi sekarang siswa belajar langsung cara memproduksi dan memasarkan. Jadi saya harap, para siswa ini setelah keluar sekolah mereka bisa mandiri dan siap berwirausaha,” singkatnya.(afs/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button