Today

PSBB Jabar Diperpanjang, Bagaimana dengan Cianjur?

CIANJURTODAY.COM, Cianjur
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa Barat (Jabar) diperpanjang mulai 30 Mei 2020 sampai 12 Juni 2020. Khusus Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) diperpanjang hingga 4 Juni 2020. Lalu bagaimana dengan Kabupaten Cianjur?

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengungkapkan, Kabupaten Cianjur belum tentu menerima perpanjangan masa PSBB itu. Namun keputusannya akan ditentukan setelah melaksanakan video conference (vicon) bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

“Untuk finalisasi di Kabupaten itu sore ini akan vicon dengan gubernur. Itu kebijakan bupati yang saya sendiri tak tahu apakah menerima atau tidak. Nanti sore diputuskan.” katanya saat ditemui di Posko Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cianjur, Jumat (29/05/2020).

Yusman menyebut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur menyarankan PSBB diperpanjang seperti keputusan Gubernur Jabar. Hal itu melihat tiga indikator, salah satunya angka reproduksi efektif.

“Berdasarkan hasil simulasi untuk Kabupaten Cianjur reproduksinya itu di angka 1,1 persen. Syarat pelonggaran PSBB itu kurang dari 1 persen,” katanya.

Indikator kedua ialah sistem kesehatan di Kabupaten Cianjur berdasarkan kasus baru. Menurutnya rumah sakit di Cianjur selalu penuh.

“Kasus baru itu tidak hanya positif tapi ODP dan PDP yang dirawat di rumah sakit harus lebih dari 60 persen dari ketersediaan tempat tidur. Nah rumah sakit kita penuh terus berarti belum bisa dilonggarkan,” ucapnya.

Indikator yang terakhir ialah hasil pemeriksaan PCR di Kabupaten Cianjur masih sedikit. Ia pun menjelaskan standar hasil tes PCR agar PSBB bisa dilonggarkan.

“Kita masih sedikit. per 1 juta (penduduk) harusnya dilakukan 3500 (tes). Sedangkan kita belum ke situ, Cianjur kan penduduknya 2,4 (juta), harusnya ada 7000 tes. atas pertimbangan itu Dinkes mengusulkan perpanjangan PSBB.” tukasnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami