Today

PT Indosentral dan Setjava Diduga Cemari Pertanian hingga Peternakan Warga

CIANJURTODAY.COM, Cikalongkulon – Sejumlah warga mengeluhkan aktivitas dari PT Indosentral, dan PT Setjava Global Indo di Jalan Aria Wiratanu Datar Kampung Babakan Banten RT 04/05, Desa Cinangsi, Kecamatan Cikalongkulon. Pasalnya keduanya menyebabkan dampak kurang baik bagi pertanian, peternakan, hingga kesehatan lingkungan di sekitarnya.

Selain itu, produksi Asap dari kedua pabrik juga dinilai warga sudah mencemari lingkungan. Ketua RT 03 Rw 05 Desa Cinangsi, Mami Karmi Mengatakan Keluhan-keluhan warga terhadap asap aktivitas dua pabrik, Yakni PT Setjava Global Indo dan PT Indosentral ini sudah sering terjadi.

“Jadi memang dari dulu masalah asap ini, kadang menimbulkan bau juga. selain asap kadang warga suka kagandengan (berisik, red),” ujarnya.

Karmi menerangkan, limbah dari pabrik tersebut juga sempat menganggu produksi tanaman serta peternakan ikan warga di wilayah tersebut.

“Ada limbah pasir yang masuk ke aliran air, itu bikin ternak ikan warga pada mati. Jadi kolam ikan yang dekat ke pabrik, aliran airnya sepertinya tercemar jadi bikin ikan mati. Sawah dan kebun yang dekat juga, panennya menurun,” jelasnya.

Ia mengatakan sempat ada kompensasi bagi warga

1 2 3Laman berikutnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button