Today

Puluhan Anak Ikut Khitanan Massal HUT RSUD Cimacan ke-20

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Puluhan anak mengikuti kegiatan khitanan massal dalam rangka HUT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cimacan yang ke-20.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang operasi RSUD Cimacan, Senin (11/10/2021).

Ketua Panitia Khitanan Masal RSUD Cimacan, Ago Mansuri mengatakan, acara khitanan massal tersebut hanya salah satu kegiatan yang akan digelar RSUD Cimacan di hari jadi ke-20.

“Kegiatan khitanan masal ini digelar selama dua hari, agar tidak mengganggu pelayanan rutinitas kami pada pasien,” ujarnya kepada Cianjur Today, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, kegiatan khitanan masal ini kuotanya hanya 20 orang anak saja, tapi mereka sangat diistimewakan, tidak seperti khitanan pada umumnya.

“Istimewanya mereka ini dilakukan khitanan oleh dokter spesialis bedah di ruangan operasi dan semuanya juga kita di istimewa kan semua,” kata Ago.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, ada dua Dokter Bedah yang diterjunkan. Selain itu juga ada dokter umum dan perawat untuk administrasinya.

“Untuk khitannya sendiri menggunakan sistem manual, karena dilakukan dokter bedah. Jadi tidak perlu ragu, karena mereka ini sudah profesional,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, syarat bagi peserta sunat ini sendiri yang pertama sehat sehat secara fisik, ada juga proses skrining dan dilihat dulu oleh dokter umum. Jika sehat, maka akan langsung dikhitan.

“Usia anak yang ikut, ada dari usia enam bulan hingga berumur sembilan tahun. Ke depan, kegiatan ini insya Allah akan terus berlanjut,” tuturnya.

Agar mematuhi protokol kesehatan, lanjutnya, pelaksanaan khitan sendiri berlangsung secara bergiliran, karena ruang sunatnya pun di ruangan operasi.

“Selain itu, para peserta khitan pun diberikan paket ‘kadeudeuh’ dan ada juga yang langsung diberi uang cash,” tutup dia.(ren/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button