CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Delapan ekor sapi dan 23 domba yang menjadi hewan kurban disembelih di Kampung Wargaluyu, RT 02, RW 11, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Jumat (31/07/2020) pagi. Penyembelihan hewan kurban ini dilakukan di lapangan Masjid Jami Al-Muttaqin.

Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban, Ust Agus Maskur, menuturkan, kebanyakan yang berkurban ialah warga setempat. Namun, ada pula warga luar kampung yang menitipkan hewan kurbannya.

“80 persen dari warga sekitar dan 20 persen dari luar,” tuturnya kepada Cianjur Today, Jumat (31/07/2020).

Ia menjelaskan, ada 70 orang yang menjadi petugas kurban selama tiga hari sampai, Senin (02/08/2020. Hari ini, ada empat sapi lebih dulu yang disembelih.

“Pembagiannya, sepertiga untuk yang berkurban dan keluarga. Kemudian, sepertiga, untuk tetangga, sisanya untuk warga sekitar lainnya,” jelas dia.

Untuk sistem pembagiannya, warga tetap harus datang ke tempat pemotongan. Namun, tetap dijaga agar tidak berkerumun. “Datang seorang-seorang, tetap tidak berdesakan. Mudah-mudahan lancar.” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Nagrak, Hendi Saepul Maladi, mengapresiasi penyelenggaraan kurban. Ia berharap agar pelaksanaan kurban ini bermanfaat bagi masyarakat.

“Mungkin karena Covid, awalnya memang suka banyak (yang kurban) tapi karena ada pandemi jadi sedikit. Mudah-mudahan tetap bisa bermanfaat bagi warga, khususnya yang membutuhkan.” singkatnya.(afs/rez)