Today

Punya Nilai Jual Tinggi, Ikan Cupang Kini jadi Sasaran Baru Aksi Pencurian

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Maraknya aksi pencurian ikan Cupang di Kabupaten Cianjur meresahkan para peternak dan pencinta ikan yang pamornya terus meningkat sejak pandemi Covid-19 berlangsung.

Tingginya harga ikan Cupang di pasaran, membuat sejumlah masyarakat berlomba-lomba untuk memiliki jenis Cupang unggulan. Pasalnya, bukan hanya sekadar untuk peliharaan, tapi kini sudah menjadi satu komoditas bisnis yang memiliki nilai jual tinggi.

PENCURIAN: Karena memiliki nilai jual tinggi, ikan cupang kini menjadi sasaran baru aksi pencurian. (Foto: Afsal Muhammad/cianjurtoday.com)

Ketua Komunitas Cupang Cianjur (KCC), Mochamad Ogi Hamzah mengatakan, seiring tingginya minat masyarakat terhadap ikan Cupang yang saat ini memiliki nilai ekonomi tinggi, membuat ikan hias itu menjadi incaran para pencuri.

Ogi mengaku, ikan Cupang peliharaan dan ternakannya yang berjumlah puluhan ekor raib digondol kawanan pencuri. Bahkan Ogi harus mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

“Di lokasi kolam milik saya saja sudah puluhan ekor yang dicuri. Kerugiannya sekitar Rp10 jutaan,” kata Ogi, kepada Cianjur Today, Rabu (24/2/2021).

Ogi menduga, aksi pencurian ikan Cupang yang saat ini marak terjadi dilakukan oleh para pelaku yang juga paham dengan nilai jual ikan Cupang.

“Karena yang mereka curi dari kolam, memang ikan-ikan yang memiliki nilai jual tinggi, bahkan hingga puluhan juta. Seperti avatar gordon, multi colour, dan blue rim,” jelasnya.

Ogi meminta para pecinta ikan Cupang agar meningkatkan kewaspadaan dalam menyimpan koleksi ikan-ikan Cupang yang dimiliki dengan sebaik-baiknya.

“Semoga saja kepolisian dapat menangkap kawanan pencuri ikan Cupang yang saat ini sangat meresahkan para peternak dan pehobi ikan hias dan aduan itu,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker