Today

PUPR: Sedimentasi Sungai Cianjur Relatif Aman, Namun Masalah Sampah Masih Perlu Dibenahi

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sedimentasi atau pengendapan material batu dan tanah di sungai Cianjur dinilai tidak terlalu mengkhawatirkan, meskipun pasti terjadi. Sebab, ada hal yang lebih krusial untuk ditangani, yaitu masalah sampah yang masih banyak dibuang ke sungai.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar. Menurutnya, masalah sampah di Cianjur masih signifikan terjadi, terutama di bantaran sungai. Pihaknya pun tidak bosan untuk terus mengimbau masyarakat agar tidak buang sampah ke sungai.

“Di satu sisi pemerintah harus menyiapkan penampungan sampah yang memadai, di sisi lain masyarakatnya pun harus sadar terhadap dampak pembuangan sampah yang dibuang ke sungai,” ujarnya kepada Cianjur Today, Minggu (7/2/2021).

Eri menjelaskan, meskipun sedimentasi pasti terjadi, namun saat ini relatif masih aman, seperti halnya di daerah hulu yaitu Cibeureum dan Cugenang karena sungai Cianjur bermuara dari sana.

“Muara awalnya di sana karena ekosistemnya relatif bagus sehingga sedimentasi tidak terlalu bagus,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Kota Santri ini diuntungkan dengan kondisi topografi daerah yang relatif curam. Sehingga, lanjutnya, aliran air relatif mengalir secara lancar, berbeda dengan daerah lain.

“Di Cianjur ini aliran air cukup lancar, apalagi kalau tidak ada sampah yang menghambat aliran air. Karena sampahlah salah satu penyebab aliran air menjadi tidak lancar,” tandasnya.(afs/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks