Berita

Pusing dan Muntah, Puluhan Warga Ciranjang Diduga Keracunan Massal

CIANJURUPDATE.COM, Ciranjang – Puluhan warga Kampung Cibanteng, RT 04/06, Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, diduga keracunan massal. Tercatat ada sekitar 53 warga yang diduga keracunan setelah mengonsumsi nasi kotak dari acara syukuran pada Sabtu (18/7/2020) pukul 22.00 WIB.

Tokoh Masyarakat Cibanteng, Usup (60), menceritakan seluruh warga yang diduga alami keracunan massal dibawa ke Puskesmas Ciranjang untuk dilakukan perawatan. Saat itu ia tidak ikut acara syukuran, namun sanak saudaranya hadir.

“Setelah selesai makan nasi kotak, selang 30 menit perut terasa sakit. Pusing-pusing dan langsung muntah-muntah. Mulanya tak menyangka keracuran dan dikira sendirian, nyatanya setelah keluar rumah, tetangga yang lain mengalami hal yang sama,” paparnya, Minggu (19/7/2020).

Satu per satu warga berangkat ke dokter terdekat dan Puskesmas Ciranjang. Pemerintah desa pun turun tangan membantu warga yang diduga keracunan massal. “Setelah ketahuan banyak, maka satu persatu dibawa ke Puskesmas Ciranjang dengan menggunakan ambulans milik desa,” tambahnya.

Kepala Desa Gunungsari, Aji Cahya, menambahkan, seluruh warga yang diduga keracunan saat itu langsung dibawa ke Puskesmas Ciranjang. Setelah mendapatkan perawatan, pasien dipersilakan pulang dan tidak ada yang dirawat inap.

“Dengan adanya itu, nasi kotak yang diduga menjadi pemicu keracunan massal sebagian diambil. Nantinya akan diperiksa di labotarium,” tuturnya.

Aji menambahkan, pihaknya atas nama warga yang menggelar syukuran 40 hari kelahiran bayi mohon maaf pada semua warga yang diduga alami keracunan. “Hal itu bukan unsur sengaja dan entah dari makanan apa yang menjadi pemicu keracunan,” tandasnya.(ct5/rez)

Exit mobile version