Today

Rapat Proker Karangtaruna Fokus Program Pemberdayaan Masyarakat

CIANJURTODAY, Cipanas – Karangtaruna Kabupaten Cianjur menggelar rapat program kerja tahun 2019/2020 bertempat di Villa Bukit Danau LOT, Desa Palasari Kecamatan Cipanas. Rapat digelar selama dua hari dimulai Jumat (4/10/2019) sampai Sabtu (5/10/2019).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Sekretaris Jendral (Sekjen) Karangtaruna Provinsi Jawa Barat, H Rizal Tanzil Rakhman beserta jajaran, pengurus Karangtaruna Kabupaten Cianjur, dan Ketua Karangtaruna dari masing-masing Kecamatan.

Ketua Karangtaruna Kabupaten Cianjur, Cece Saepulloh mengatakan, rapat kali ini membahas program kerja unggulan yang diharapkan dapat meningkatkan sinergitas serta pergerakan sosial Karangtaruna di masyarakat.

“Salah satunya pada hari ini adanya peluncuran program PERAK atau Produk Ekonomi Rakyat Asuhan Karangtaruna. Yang mana program ini adalah bagaimana peran para pemuda mensosialisasikan produk-produk unggulan di setiap desa,” ujarnya saat ditemui seusai acara.

Karangtaruna Dituntut Inovatif

Cece menambahkan, dalam program ini Karangtaruna dituntut untuk berinovatif memberikan karya-karya nyata dalam meningkatkan produk ekonomi masyarakat menjadi sebuah produk unggulan sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Targetnya, minimal satu desa terdapat satu produk unggulan. Hal ini selaras dengan program Karangtaruna Provinsi maupun Pemprov Jabar,” jelasnya.

Selain itu, program yang dijabarkan dalam rapat adalah strategi membangun kalaborasi kemitraan dengan berbagai perusahaan,serta berbagai lembaga baik di dalam maupun di luar Cianjur.

“Jadi menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga baik formal maupun informal ini tentunya didasari semangat dalam menentaskan kesenjangan sosial,” jelasnya.

Program Sekolah Orang Tua

Terdapat pula program sekolah Orang Tua yang berfokus pada penyuluhan pola asuh orang tua terhadap anak.

“Tentunya ini untuk membentuk karakter dan kepribadian anak yg hebat. Dengan salah satunya mengenalkan bagaimana cara berorganisasi untuk menghasilkan pemimpin pemimpin yang berkualitas dan berahlakkul Karimah,” tambahnya.

Program ini telah berjalan dan akan diselenggarakan di setiap kecamatan di Kabupaten Cianjur.

“Jadi dimulai dari Oktober sampai dengan November dan secara bertahap disosialisasikan di setiap Kecamatan,” ujar Cece.

Terpisah, Sekjen Karangtaruna Provinsi Jawa Barat, H Rizal Tanzil Rakhman berharap program yang disusun oleh Pengurus Karangtaruna Kabupaten dapat berjalan dengan optimal dan terasa manfaatnya bagi masyarakat.

“Tentunya kami dari provinsi senang dapat hadir dan bersilaturahmi dalam rapat pembahasan program kerja ini bersama Ketua Karangtaruna Kabupaten Cianjur, Kang Cece Saepulloh. Dan program yang sedang berjalan maupun sedang direncanakan bisa sungguh-sungguh mencerminkan karangtaruna sebagai organisasi sosial,” jelasnya.

Rizal menuturkan, program yang dijalankan tersebut tentunya harus bisa dirasakan warga agar kehadiran Karangtaruna di Kabupaten Cianjur terasa manfaatnya.

“Sehingga nantinya, warga masyarakat Cianjur merasakan betul kehadiran Karangtaruna Kabupaten Cianjur,” pungkasnya.(arm)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami