Update Covid-19

Rapid Test Kembali Digelar di Pasar Induk Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur kembali melaksanakan rapid test di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, Senin (18/05/2020). Hal ini dilakukan demi melacak dan menghentikan rantai penularan virus corona atau Covid-19.

Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman mengatakan, rapid test ini dilakukan untuk warga, pemudik, dan orang dengan aktifitas banyak. Meliputi pedagang dan pengunjung pasar.

“Rapid test untuk warga yang diprediksi dari suhu rubuh orang tersebuy, kedua, yang baru mudik, ketiga, orang yang banyak aktifitas. Seperti pengamen, dari Bogor, dan yang suhu melebihi 37 kita cek. Dan, alhamdulillah hasilnya semua negatif,” tuturnya kepada wartawan, Senin (18/05/2020).

Ia pun mengajak masyarakat, khususnya yang berada di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur untk menjaga jarak dan memenuhi protokol kesehatan Pembatasan Sosiak Berskala Besar (PSBB) demi mencegah Covid-19.

“Saya mengajak seluruh warga khususnya di pasar untuk jaga jarak, pakai maskerx jaga kebersihan dan cuci tangsn dengan air mengalir. Tidak mungkin pemerintah saja dalam melakukan PSBB ini, peran serta masyarakat dibutuhkan. Kalau PSBB ini maka berhasil cukup satu kali saja. Kalau tidak, kemungkinan akan dua kali PSBB,” kata dia.

Ia pun mengajak masyarakat untuk kompak dalam melaksanakan aturan. Menurutnya, para pelanggar aturan PSBB akan dihukum secara bertahap.

*Mengajak masyarakat kompak untuk melaksanakan aturan yang telah ditetapkan pemerintah. (Yang melanggar) secara bertahap akan kami hukum,” katanya.

Berdasarkan hasil evaluasi PSBB Kabupaten Cianjur, lanjut Herman, Cianjur mendapat peringkat kedua dalam desa zona hijau. Namun, masih kurang dalam kedisiplinan.

“Hasil kemarin desa masih hijau rangking dua kedisiplinan masih kurang baik, kemungkinan besar. Hark kni lagi dianalisa. Hari ini dikaji apakah akan diajukan PSBB lagi atau tidak.” ucapnya.

Hasil Rapid Test Negatif

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Induk Cianjur Pasirhayam, Tri Wibowo bersyukur dengan adanya rapid test itu. Ia mengatakan seluruh warga yang dites memiliki suhu dibawah 37 deraja.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Warga yang dites semuanya negatif. Semua suhunya dibawah 37, jadi di bawah standar tes covid,” tuturnya.

Pria yang kerap disapa Donny ini pun menyebut, rapid test akan terus dilakukan dengan bekerja sama bersama tim kesehatan selama Covid-19 masih mewabah.

“Selama itu covid masih berlangsung insya Allah akan secara kontinyu akan bekerja dengan pihak kesehatan untuk melaksanakan rapid test di pasar induk Cianjur.” tukasnya.(afs)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker