Today

Ratusan Nakes RSUD Pagelaran Antusias Mengikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

CIANJURTODAY.COM, Pagelaran – Ratusan tenaga kesehatan (nakes) RSUD Pagelaran antusias mengikuti kegiatan vaksinasi tahap kedua di lantai dua gedung RSUD Pagelaran pada Senin (15/2/2021).

Sebelumnya para nakes tersebut pun telah mengikuti vaksinasi tahap pertama sebagai salah satu pencegahan terhadap paparan Covid-19.

Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Pagelaran, dr Jan Izaac Ferdinandus SpN mengatakan, dalam pembentukan antibodi itu ada dua tahap. Tahap pertama vaksin diberikan selama 14 hari dan diharapkan sudah bisa memunculkan antibodi.

“Kemudian tahap kedua untuk membentuk antibodi, waktunya sama selama 14 hari juga. Jadi total proses pembentukan antibodi tersebut berlangsung selama 28 hari,” ujarnya saat diwawancarai Cianjur Today usai kegiatan, Senin (15/2/2021).

ANTUSIAS: Ratusan nakes di RSUD Pagelaran antusias mengikuti program vaksinasi tahap kedua sebagai optimalisasi imunitas tubuh terhadap Covid-19. (Foto: Dian Tardian/cianjurtoday.com)

dr Jan menuturkan, pada kegiatan vaksinasi tahap pertama, pihaknya menerima vaksin sebanyak 245 dosis dan yang sudah melakukan vaksinasi sebanyak 157 orang nakes.

“Pada vaksinasi tahap pertama ada 85 orang dan hari keduanya sebanyak 72 orang jadi semuanya ada 157 orang nakes yang sudah divaksin tahap pertama,” ucapnya.

Ia mengungkap, dari jumlah vaksin 245 dosis tersebut hanya 157 orang yang divaksin karena sebagian lagi tidak lulus skrining.

“Melalui proses skrining bisa terdeteksi apakah ada nakes yang tidak boleh ikut divaksin. Karena riwayat penyakit, ibu menyusui, ataupun yang lainnya,” terangnya.

Namun pada tahap kedua ini, lanjutnya, ada kebijakan baru tentang vaksinasi, bahwa mereka yang sebelumnya tidak lulus skrining diperolehkan untuk mengikuti vaksinasi.

“Nakes yang tidak boleh divaksin karena beberapa hal, pada tahap kedua ini diperbolehkan untuk divaksin,” ujarnya.

Vaksinasi tahap yang kedua ini, lanjutnya, akan dilakukan selama dua hari. Bagi nakes yang terdaftar di hari pertama ada sebanyak 97 orang dan di hari kedua ada 84 orang.

“Diharapkan pada vaksinasi tahap kedua ini nakes yang divaksin bisa bertambah. Sebelumnya pada tahap pertama tidak lulus skrining, mungkin akan divaksin lagi sekarang,” paparnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, karena vaksin itu aman dan halal.

“Jangan takut divaksin, karena vaksin itu aman dan kita bisa menekan penyebaran Covid-19. Seandainya kita tidak divaksin, berarti kita loloskan satu peluang Covid-19 untuk menyebar ke masyarakat,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Direktur Utama RSUD Pagelaran, dr Sanny Sanjaya. Menurutnya, vaksinasi tahap kedua ini untuk memberikan optimalisasi dari vaksinasi tahap pertama.

“Vaksinasi tahap pertama untuk memunculkan imunitasnya sedangkan yang kedua untuk mengoptimalkan imunitas tersebut,” tuturnya.

Ia pun berharap, dengan vaksinasi para nakes yang ada di RSUD Pagelaran semakin kuat imunnya terhadap Covid-19.

“Mudah-mudahan pada vaksinasi tahap kedua ini jumlah nakes yang divaksin bisa bertambah dan bisa sukses seperti pada saat tahap pertama,” harapnya.(ian/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button