Menuju Pileg 2019

Ratusan Warga Desa Gudang Peringati Malam Asyura

CIANJURToday – Ratusan warga Desa Gudang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur berduyun-duyun tumpah ruah ke jalanan untuk memperingati 10 Muharam (Malam Asyura), Rabu (19/09/2018). Lebih dari 200 warga yang terdiri dari beragam elemen, mulai dari pelajar hingga ibu rumah tangga meramaikan jalanan pada malam itu dengan pawai obor.

Sie Pemberdayaan Perempuan, Karang Taruna Desa Gudang, Putri Septiani Buldan mengatakan, kegiatan malam tersebut menjadi salah satu indikasi ketakwaan warga di desanya terhadap agama islam. Pasalnya di malam 10 Muharam banyak peristiwa penting terjadi, tak terkecuali hijrahnya Rasullulah SAW dari Mekkah ke Madinah.

“Banyak momen penting terjadi pada malam ini. Maka dari itu, kami di sini memperingatinya dengan pawai obor yang maknanya semangat untuk memperjuangkan nilai-nilai keislaman,” ujarnya kepada Cianjurtoday.com

Kata Putri, setiap tahun warga di desanya memang rutin menggelar peringatan malam ashura. Tak terkecuali juga pada setiap momen islaim lainnya.

“Warga di sini selalu menanggapi positif setiap momen islami yang ada. Mereka juga sangat antusias untuk memeriahkannya,” kata dia.

Putri berharap, kegiatan ini bisa berkesinambungan dari generasi ke generasi di desanya. Pasalnya tidak menutup kemungkinan jika tidak dilestarikan kebiasaan baik ini lama kelamaan bisa menghilang.

“Tentunya kita sebagai generasi penerus, yang juga kalangan milineal harus melestarikan setiap nilai positif yang sudah dilakukan oleh generasi sebelumnya,” pungkasnya.(riz)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks