Gaya Hidup

Rawon Peringkat Pertama Sup Paling Enak se-Asia

CIANJURTODAY.COM – Rawon terpilih jadi peringkat pertama sup paling enak se-Asia. Masakan Indonesia khas Jawa Timur ini berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu menggunakan kluwek.

Bahan utama rawon adalah daging bagian sandung lamur yang dipotong kecil-kecil. Untuk bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, serta minyak nabati.

Rawon dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia di 2020, mengalahkan 11 santapan berkuah dari negara lain. Makanan ini memenangkan survei yang diadakan TasteAtlas, berdasarkan penilaian dari kritikus restoran profesional dan juga voting dari 63.402 panelis.

Hasil voting yang dimuat dalam akun instagram @seasia.co menyatakan, rawon menduduki peringkat pertama, disusul sup bulalo asal Filipina, kemudian sajian gulai cincang khas Indonesia, lalu Penang Laksa, dan Asam Laksa dari Malaysia.

Tidak hanya rawon dan gulai cincang saja yang masuk ke dalam daftar sup terenak se-Asia. Ada juga sayur asem khas Indonesia menempati posisi ke-12.

Menurut situs TasteAtlas yang merupakan laman khusus membahas masakan tradisional, makanan lokal, resep otentik, dan ulasan dari para ahli, rawon adalah sajian yang unik.

Pengolahan bumbu rawon yang tidak sembarangan, terutama pada penggunaan buah kluwek yang perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Membuat sajian khas Surabaya, Jawa Timur itu memiliki cita rasa yang benar-benar unik.

Rawon pun biasanya disajikan bersama nasi putih, telur asin, tauge, dan sambal. Sebelumnya, rawon merupakan sajian para bangsawan yang terus berkembang dan semakin populer. Kini, sup kaya daging sapi itu pun dapat dijumpai dengan mudah di rumah makan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Situs itu tidak lupa memberikan rekomendasi lima tempat makan rawon terbaik. Di antaranya Rawon Setan, Warung Sedap Malam-Rawon Kalkulator, Rawon Pak Pangat yang ketiganya berada di Surabaya. Kemudian Rumah Makan Rawon Nguling di Malang, dan Kantin Blauran Surabaya di Jakarta.

Selain mengulas tentang rawon, TasteAtlas juga membahas beberapa sajian khas Indonesia lainnya. Diantaranya Pecel, Tempe Mendoan, Ayam Goreng, dan Nasi Uduk. Rata-rata sajian tersebut mendapatkan nilai tinggi sebagai sajian tradisional terbaik dari Indonesia.(ct7/bbs/rez)

Berikut Urutan Sup Paling Enak se-Asia Versi TasteAtlas pada 2020:
  1. Rawon, Indonesia
  2. Bulalo, Filipina
  3. Gulai cincang, Indonesia
  4. Penang laksa, Malaysia
  5. Asam laksa, Malaysia
  6. Tinola manok, Filipina
  7. Bak Kut Teh, Malaysia
  8. Sinigang, Filipina
  9. Khao Soi, Thailand
  10. Shoyu rame, Jepang
  11. Ash Resteh, Iran
  12. Sayur asem, Indonesia

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button