Pendidikan

Registrasi Akun LTMPT Untuk UTBK dan SBMPTN Mulai Hari Ini

CIANJURTODAY.COM – Registrasi akun LTMPT tahap kedua untuk pendaftaran UTBK dan daftar SBMPTN 2020 bisa dilakukan mulai Senin (17/02/2020) pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk daftar SNMPTN sudah ditutup pada 9 Januari 2020.

Dalam siaran pers Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), registrasi akun tahap kedua akan berlangsung mulai 17 Februari, pukul 14.00 WIB sampai 5 April pukul 22.00 WIB. Registrasi akun tahap ke-2 ini bisa dilakukan bagi mereka yang belum memiliki akun LTMPT 2020. Bisa juga bagi siswa yang sudah memiliki akun tetapi belum melakukan simpan permanen saat registrasi akun tahap pertama.

Selain itu, syarat bagi yang hendak melakukan registrasi akun adalah siswa SMA/MA/SMK. Termasuk peserta paket C dan Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri, yang akan lulus pada 2020 serta lulusan pada 2018 dan 2019. Jika lulusan sekolah luar negeri non-SRI, maka harus memiliki surat keterangan penyetaraan ijazah dari Kemendikbud. Serta harus sudah tercatat di Pusat Data dan statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud.

Cara Registrasi Akun LTMPT Tahap Ke-2

Melakukan registrasi akun LTMPT harus dilakukan oleh kedua pihak, yakni pihak sekolah dan pihak siswa. Berikut caranya, yang kami rangkum dari situs resmi LTMPT.

Bagi Sekolah

• Langkah pertama, silahkan buka laman portal.ltmpt.ac.id dan pilih tautan ‘Daftar di sini’.
• Lalu pilih menu ‘Sekolah’
• Masukkan NPSN dan kode registrasi Dapodik/EMIS.
• Kemudian masukkan nama kepala sekolah atau operator sekolah, tanggal lahir, email aktif dan password.
• Setelah klik tombol ‘daftar’, maka akan muncul notifikasi aktivasi akun. Buka inbox/spam email Anda, kemudian lakukan aktivasi akun.
• Setelah akun aktif, login ke laman portal.ltmpt.ac.id.

Selesai melakukan registrasi akun, berikutnya sekolah harus memverivikasi data sekolah dengan login ke laman portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Pada menu ‘Verifikasi dan Validasi Data Sekolah dan Siswa (VERVAL)’

Jangan lupa, pastikan data sekolah sudah benar, lalu centang pernyataan dan tekan tombol ‘Simpan Pernamen’.Jika sudah simpan permanen maka data sekolah tidak dapat diubah kembali.

Bagi Siswa

• Langkah pertama buka laman portal.ltmpt.ac.id dan pilih tautan ‘Daftar di sini’.
• Silahkan pilih menu ‘Siswa’.
• Kemudian asukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir. Tekan tombol ‘Selanjutnya’.
• Masukkan email aktif dan password, lalu klik tombol ‘Daftar’.
• Buka inbox/spam email Anda. Lakukan aktivasi akun.
• Setelah akun aktif lakukan login ke laman Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id
Berikutnya, setelah berhasil terdaftar, kemudian lakukan verivikasi data dengan login ke laman portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Dengan Pilih menu ‘Verifikasi dan Validasi Data Sekola atau Siswa (VERVAL)’.

Ikuti langkah-langkah yang ditunjukan dan pastikan data sudah benar, centang pernyataan dan tekan tombol ‘Simpan permanen’. Jika sudah, maka data tidak bisa diubah kembali.

Bagi Siswa yang mengalami kendala teknis dalam registrasi akun LTMPT tahap ke-2 ini dapat
menghubungi layanan telepon 08041450450 atau https://halo.ltmpt.ac.id. Pastikan lakukan sesuai panduan ya!(ct4/rez)

Diolah dari berbagai sumber

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami