Tips, Trik, dan Tutorial

Rekomendasi 5 Plugin SEO Terbaik Untuk WordPress

CIANJURTODAY.COM – Research menunjukkan bahwa 75% orang yang menggunakan Google Penelusuran tidak pernah melampaui halaman pertama hasil pencarian. Sehingga sangat penting mengoptimalkan situs kamu untuk SERP (Search Engine Result Pages) dan butuh Plugin SEO Terbaik Untuk WordPress.

Elemen lain yang berkontribusi dalam hasil pencarian adalahkata kunci, yang kamu gunakan untuk mengarahkan lalu lintas yang relevan. Di sinilah plugin SEO WordPress yang tepat dapat membantu kamu. Ini dapat memunculkan informasi backlink, peringkat kata kunci, dan statistik yang berpengaruh – taktik yang dapat membantu meningkatkan peringkat kamu. Selain itu, plugin SEO memungkinkan kamu menemukan halaman dan posting dengan potensi tinggi, mengatur ulang struktur situs web, memperbaiki tautan yang rusak, melakukan audit SEO yang komprehensif, dan banyak masih lagi.

Plugin SEO WordPress Terbaik

Berikut ini 5 Rekomendasi Plugin SEO untuk WordPress yang bisa kamu gunakan

1. Yoast SEO

Yoast adalah plugin gratis terpopuler yang brilian dan komprehensif, serta cukup ramah pemula dan menyediakan berbagai fitur SEO. Berikut ini adalah beberapa fitur yang ditawarkan plugin ini.

• Page Optimization, kamu dapat dengan mudah mengelola deskripsi meta, URL, judul halaman, dan lainnya dengan menggunakan Yoast di WordPress. Dengan antarmuka (interface) pengguna plugin ini, kamu dapat membuat judul yang disesuaikan dan dioptimalkan untuk halaman web, deskripsi meta yang unik, dan URL yang ramah SEO. 

• Configuration Of Google Search Console, kamu dapat mengotentikasi situs web dengan Google Search Console dan memanfaatkan data SEO yang kuat hanya dengan menyalin-menempelkan beberapa kode HTML ke interface pengguna Yoast.

• Automatic XML Sitemap, Sitemaps (peta situs) provide menyediakan mesin pencari dengan daftar halaman untuk dirayapi di situs kamu, dan penting untuk SEO. Yoast memiliki peta situs XML dinamis yang dibuat secara otomatis yang diperbarui setiap kali kamu menerbitkan konten baru di situs web.

• Robots.txt. Robots.txt adalah file yang memberi tahu mesin pencari halaman mana yang bisa dan tidak bisa dirayapi. Kamu dapat mengubah robots.txt melalui plugin Yoast SEO. 

2. Really Simple SSL

Google baru-baru ini membuat perubahan signifikan pada cara pengunjung mengakses situs web menggunakan mesin pencari mereka. Situs web dengan koneksi aman (HTTPS) melalui sertifikat SSL akan mendominasi peringkat, sementara Google tidak harus menampilkan situs yang tidak aman sama sekali.

Meskipun kamu dapat membeli dan mengonfigurasi sertifikat SSL melalui penyedia hosting, kamu perlu mengonfigurasi seluruh pengaturan alamat SSL yang dikenali domain di WordPress.

Plugin SSL SEO yang sangat simpel dan menyederhanakan proses dengan mengonfigurasinya di interface WordPress. Kamuperlu mengunduh plugin, menjadikan versi HTTPS domain web sebagai alamat default, dan plugin akan mengurus sisanya.Plugin ini juga akan memastikan bahwa enkripsi di balik SSL, dan protokol enkripsi, terus diperbarui untuk melindungi mereka dari serangan cyber yang dilakukan.

3. Rank Math

Rank Math adalah plugin SEO WordPress luar biasa lainnya yang membantu kamu dengan pengoptimalan konten situs web. Ini memberikan wawasan secara real-time tentang konten tanpa mengharuskan kamu meninggalkan dasbor WordPress.

Kamu juga dapat mengoptimalkan deskripsi meta dan judul dengan pratinjau cuplikan, yang mengurangi kemungkinan kesalahan tampilan SERP pada mesin telusur seperti Google. Hal yang menarik lain adalah plugin ini telah dioptimalkan untuk kecepatan yang lebih baik, sehingga tidak mempengaruhi kecepatan loading website kamu.

Sebagai bonus tambahan, Rank Math sekarang memiliki integrasi IndexNow. Ini berarti bahwa plugin dengan cepat memberi tahu mesin pencari tentang setiap perubahan yang kamu membuat konten baru, konten yang dihapus, pengalihan, dan banyak lagi. Tidak ada lagi menunggu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan bagi Google untuk menganalisakonten kamu.

4. SEMRush: Plugin SEO WordPress Terbaik

SEMRush adalah alat SEO keseluruhan terbaik di pasar. Digunakan oleh pakar SEO profesional, pemasar, blogger, bisnis besar dan kecil.

Kamu dapat menggunakannya untuk menemukan kata kunci organik dan istilah pencarian yang dapat kamu peringkatkan dengan mudah. Ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan penelitian kompetitif dan melihat kata kunci mana yang diperingkat oleh pesaing, dan bagaimana kamu dapat mengalahkan mereka.

Alat Asisten Penulisan SEO SEMRush membantu meningkatkan konten situs web untuk mengalahkan 10 hasil teratas untuk kata kunci fokus kamu. Ini terintegrasi dengan WordPress, dan ini akan membantu Anda menulis lebih banyak konten yang ramah SEO.

Kamu juga dapat membuat template SEO dan mendapatkan saran pengoptimalan mesin telusur yang mudah untuk konten kamu bersama dengan rekomendasi SEO lanjutan.

SEMRush terintegrasi dengan mulus dengan All in One SEO (AIOSEO) untuk membantu menemukan frasa kunci tambahan untuk frasa kunci fokus. Kamu dapat melihat frasa kunci terkait dan volume pencariannya langsung dari WordPress, kemudiankamu dapat menambahkannya ke konten.

5. Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu pemilik situs web dan webmaster memantau dan mempertahankan keberadaan situs mereka di hasil penelusuran Google.

Ini memberi tahu kamu ketika Google tidak dapat menganalisisdan mengindeks halaman di situs web kamu. Kamu juga mendapatkan tips bermanfaat tentang cara memperbaiki kesalahan tersebut.

Yang terpenting, Google Search Console menunjukkan kata kunci mana yang menjadi peringkat situs web, teks jangkar(anchor text), posisi rata-rata (average position), tayangan, dan banyak lagi. Kamu dapat menggunakan data ini untuk menemukan kata kunci di mana kamu dapat dengan mudah memperbaikki peringkat hanya dengan mengoptimalkan konten. 

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan data kata kunci ini untuk menghasilkan ide posting blog baru dan juga kamu dapat menggunakan MonsterInsights untuk melacak peringkat kata kunci di dalam area admin WordPress menggunakan data Google Search Console. 

Itulah 5 Rekomendasi Plugin SEO untuk WordPress yang kami sarankan dan bisa gunakan untuk mengelola Website kamu, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks