Pilkada Cianjur 2020Today

Rekrutmen atau Lowongan KPPS Cianjur Dibuka, Ini Syarat dan Besaran Gaji

Rekrutmen atau lowongan KPPS Cianjur telah dibuka. Berikut syarat, besaran gaji atau honor, dan waktu pendagtaran KPPS 2020 yang akan Cianjur Today ulas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur akan membuka pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada 7 hingga 13 Oktober 2020. Saat ini masih dalam masa pengumuman hingga 6 Oktober 2020.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Masyarakat KPU Kabupaten Cianjur, Rustiman, mengajak masyarakat Cianjur yang memenuhi kualifikasi untuk mendaftar. Ia menyebut, pendaftaran ini terbuka untuk umum.

“Masyarakat Cianjur yang memenuhi kualifikasi silakan untuk mendaftar terbuka untuk umum selama memenuhi syarat siapapun memiliki hak untuk itu.” tuturnya kepada Cianjur Today di The John Aquatic Resort, Jumat (02/10/2020).

Ia mengatakan, saat rekrutmen KPPS pun akan menjalani rapid test nantinya usai ditetapkan yang difasilitasi langsung oleh KPU Cianjur. Untuk syarat administrasi pendaftaran KPPS 2020 ada di laman pengumuman KPU Cianjur. Namun, ada beberapa perbedaan dari syarat pendaftaran KPPS tahun ini.

“Tapi satu hal yang berbeda itu sebelumnya di PKPU 13 itu hanya usia itu usia paling rendah 17. Sekarang aturan Covid di itu di PKPU 6 usia itu minimal 20 tahun maksimal 50 tahun,” jelas dia.

KPPS memiliki masa kerja selama satu bulan dari 23 November 2020 hingga 23 Desember 2020. Ia pun menjelaskan fungsi dan tanggung jawab KPPS selama bertugas. Lalu, berapa honor atau gaji KPPS? Ia menyebut, honor atau gaji KPPS ada di angka Rp550 ribu untuk ketua dan Rp500 ribu untuk anggota.

“Fungsi dan tanggung jawab KPPS mereka nanti melaksanakan pemilihan, melaksanakan pemungutan, dan penghitungan suara. Menyebarkan undangan ke calon pemilih kemudian datang ke TPS. Honor KPPS itu ketua itu Rp550 ribu anggota Rp500 ribu dalam sekali masa kerja.” tukasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button