Today

Rentan Disalahgunakan, Bantuan Rutilahu Baznas Diganti jadi Bahan Bangunan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Bantuan program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (rutilahu) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cianjur masih terus berjalan. Namun, program ini rentan disalahgunakan oleh penerimanya, sehingga ada perubahan.

Ketua Baznas Kecamatan Sukaluyu, Hamdan mengatakan, pembangunan rutilahu diberikan kepada penerima dapat berbentuk uang maupun barang. Inilah yang memicu penyalahgunaan bantuan.

“Kita berikan bantuan kepada penerima berupa uang senilai Rp10 juta rupiah. Ada juga yang kita berikan berupa barang bahan bangunan,” ujarnya kepada Cianjur Today, Senin (12/04/2021).

Hamdan menilai, pemberian bantuan uang kepada penerima rutilahu kerap tidak efektif. Hal itu karena banyak masyarakat menggunakan uang tersebut tidak untuk membeli keperluan bahan bangunan.

“Ada juga masyarakat yang diberikan uang yang harusnya dibelikan bahan bangunan malah dibelikan keperluan lain. Seperti pakai modal usaha dan lainnya,” tuturnya.

Sehingga, ke depannya program bantuan Rutilahu Baznas akan diberikan berupa bahan bangunan kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Sudah ada pembahasan bersama ketua Baznas Kabupaten Cianjur, untuk periode sekarang tidak akan ada lagi bantuan berupa uang akan tetapi berbentuk barang,” ucap dia.

Di sisi lain, Hamdan menuturkan, Kecamatan Sukaluyu menerima bantuan untuk Rutilahu Baznas sejumlah lima unit di lima desa. Namun, seorang warga mengundurkan diri sehingga saat ini dapat terealisasi empat unit rumah.

“Jatahnya kan lima, hanya saja ada warga penerima mengundurkan diri sehingga yang tersisa empat dan ada sisa nanti di alokasikan ke Desa lain,” tandasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button