Gaya Hidup

Resep Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer Cocok sebagai Teman Minum Teh

CIANJURTODAY.COMResep bolu pisang kukus, salah satu resep kue bolu berbahan dasar tepung terigu, pisang  dan bahan-bahan lainnya dicampur yang kemudian diolah sedemikian rupa membentuk kue bolu pisang kukus.

Bertestur lembut, kenyal tidak berantakan, manis, gurih, dan enak setiap kali makan menjadi kunci citarasa sebuah kue bernama bolu. Bahan utama pisang dengan jenis pisang ambon yang tidak hanya membuat rasa manis, tetapi juga bikin kue lebih legit. 

Selain pisang ambon bisa juga menggunakan jenis pisang mas,pisang Lampung atau pisang  Cavendish yang tentu menghasilkan kue bolu pisang kukus bercitarasa khas dan enak. Namun, bagaimana cara membuatnya? Dan berikut resep bolu pisang kukus yang bisa dicoba.

Siapkan Bahan – Bahan membuat Bolu

Sebelum membuat resep kue bulu pisang ada baiknya persiapkan semua bahan dari mulai pisang, gula palem, telur dan minyak. Tidak lupa peralatan masak, seperti loyang roti, spatula hingga pinggan yang tahan panas

Sesudah itu siapkan pula 4-5 buah pisang ambon yang sudah matang, tepung terigu 125 gram, telur ayam 2 buah, gula pasir 50 gram, minyak goreng 50 miligram. Tidak lupa siapkan juga ¼ sendok  makan vanili, garam secukupnya dan kismis.

Cara Membuat Resep Bolu Pisang Kukus

Sesudah semua bahan siap selanjutnya hancurkan pisang sampai lembut kemudian kocok telur, gula, vanili dengan garpu hingga larut serta campur rata.

Langkah selanjutnya tambahkan tepung terigu, soda kue dan garam ke larutan telur sedikit demi sedikit terus aduk rata. Tidak lupa tambahkan pisang yang sudah dihaluskan perlahan-lahan ke dalam adonan sampai  habis.

Sesudah pisang masuk dalam adonan kemudian adonan diaduk dengan memakai spatula tidak lupa juga masukkan minyak goreng kembali aduk rata. Langkah lain dalam membuat resep bolu pisang kukus dengan memasak adonan kke kukusan,

Hal yang penting mendapat perhatian dalam proses mengukus terlebih dahulu cetakan diolesi minyak goreng secukupnya, agar adonan tidak lengket pada cetakan. 

Setelah cetakan rata terolesi  minyak goreng secara merata dan baru kemudian adonan di masukkan dalam cetakan sambil hentak-hentakkan  adonan supaya nanti adonan mengembang.

 Kukus adonan sampai sekitar 25 menit dengan menggunakan api sedang. Bila sudah matang angkat dan dinginkan kemudian setelah bolu dingin bisa keluarkan dari cetakan terus potong-potong sesuai selera.

Tips Membuat Resep Bolu Pisang Kukus Panggang

Testur lembut,rasa enak dengan aroma pisang yang khas setiap kali gigit membuat ingin tidak berhenti makan. Namun, menghasilkan bolu pisang yang lembut tidak mudah perlu tips dan trick tersendiri.

Ada beberapa tips bisa pakai saat membikin bolu pisang, antara lain memilih bahan yang tepat. Kemudian agar adonan tidak lengket cukup alaskan baking paper atau kertas bukan margarin. 

Selain itu, perhatikan pula ketika menuangkan adonan ke dalam cetakan sambil diaduk-aduk supaya tercampur rata. Pastikan pula loyang sudah dipanaskan terlebih dahulu agar matang merata.

Hal lain, jika ingin menyimpan bolu pisang pastikan pula ketika menyimpan bolu dalam wadah kedap udara. Cara ini menghindari permukaannya kering dan sebelum disimpan bolu dalam keadaan suhu ruang atau bisa juga simpan pada freezer agar tahan lama.(Ningsih)

Artikel Terkait:

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks