Gaya Hidup

Resep Soto Ayam Bening Mudah dan Cocok sebagai Menu Keluarga

CIANJURTODAY.COM – Resep soto ayam bening salah satu hidangan berkuah dengan bahan dasar suwiran potongan dan bumbu rempah soto ayam yang lezat. Menu masakan ini cocok sebagai menu keluarga apalagi saat berkumpul bersama terasa nikmat dan menyegarkan.

Bahan-bahan, Bumbu dan Cara Membuat Resep Soto Ayam Bening

Sebelum mengetahui resep soto ayam bening terlebih dahulu memahami dan menyiapkan  bahan-bahan yang akan digunakan sebagai bumbu dasarnya. 

Cara membuat resep soto ayam bening mudah siapkan bahan-bahannya mulai dari ceker ayam 12 buah, sayap ayam 4 potong. Selanjutnya  kepala ayam 4 potong, dada ayam 1 potong terus tidak lupa air 1 liter dan minyak goreng 3 sendok makan.

Bumbu dan Resep

Sesudah bahan-bahan telah disiapkan berikutnya tidak lupa menyiapkan juga bumbunya yang terdiri dari bawang merah 6 butir, bawang putih 6 siung, kunyit 3 centimeter dan 3 centimeter jahe dimemarkan.

Bumbu lain  yang tidak boleh lupa disiapkan pula yang terdiri dari merica bubuk sebanyak ½ sendok makan, kemiri 4 butir, serai yang telah memarkan 2 batang. Berikutnya daun jeruk 5 lembar, lengkuasa sudah dimemarkan 1 ruas dan daun salam 2 lembar.

Pelengkap soto ayam bening

Sesudah siap bahan-bahan, bumbu selanjutnya persiapkan pula pelengkapnya yang terdiri dari beberapa makanan. Makanan tersebut yaitu telur rebus dipotong menjadi 4 bagian terus kentang diiris tipis-tipis kemudian digoreng sebentar.

Tidak lupa bihun rebus yang dimasak dengan cara redam atau seduh air panas kemudian tiriskan. Buah tomat juga dipotong-potong menjadi delapan irisan dan tambahkan pula touge yang diseduh pakai air panas serta seledri diiris halus.

Cara membuat Soto Ayam

Sesudah bahan-bahan sudah siap kemudian memulai memasak yang diawali dengan merebus ceker,sayap, kepala dan daging ayam. Tambahkan serai daun salam, daun jeruk.lengkuas, jahe dan masak hingga empuk 

Jika ayam sudah matang  terus digoreng tiriskan kemudian dipotong suwir-suwir. Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe,merica dan kunyit sampai lembut.

Tuangkan minyak goreng secukupnya tumis hingga aroma harum. Tidak lupa masukkan kaldu didihkan kembali terus tambahkan pula garam, gula secukupnya aduk rata masak kuahnya hingga matang.

Soto ayam bening
Cara penyajian Soto Ayam Bening agar terlihat cantik dan menggugah selera

Cara Penyajian

Setelah soto ayam bening matang siap disajikan dan sebelum menyajikan dalam mangkuk terlebih dahulu membuat sambal soto. Cara memasaknya siapkan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih secukupny kemudian diblender.

Langkah berikutnya adalah penyajiannya dengan menyiapkan piring saji kemudian masukkan soun, kol, tauge dan suwiran ayam sesuai selera. Lalu,siram dengan kuah soto secukupnya.

Tambahkan pula potongan telur rebus,taburan bawang goreng, daun seledri dan daun bawang. Tidak lupa beri perasan jeruk nipis agar segar kemudian terakhir tambahkan sambal,kecap dan resep soto ayam bening siap dinikmati selagi hangat.

Artikel Terkait:

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami