Today

Ribuan Buruh di Cianjur Dirumahkan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Di Hari Buruh ini ternyata sudah ada ribuan karyawan perusahaan di Kabupaten Cianjur dirumahkan dan ratusan karyawan di antaranya habis kontrak. Hal ini dikarenakan banyaknya perusahaan yang terdampak Pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Aries Heriansyah, mengatakan saat ini belum ada laporan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Dinas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi (Disnakertrans) Cianjur.

“Kalau untuk PHK sampai saat ini belum ada laporan. Yang ada itu karyawan yang dirumahkan. Kemarin kami melakukan monitoring ke perusahaan-perusahaan dan belum ada PHK,” tuturnya ketika dihubungi Cianjur Today, Jumat (01/05/2020).

Berdasarkan rekap data Disnakertrans Cianjur, ada 2.579 karyawan dari 41 perusahaan. Sementara 148 karyawan dari satu perusahaan di antaranya habis kontrak. Ia pun mengimbau perusahaan melindungi upah buruh.

“Imbauan sesuai dengan surat edaran Kemenaker bahwa melaksanakan perlindungan pengupahan bagi pekerja buruh terkait pandemi Covid-19,” kata dia.

Selain itu, Aries pun menyebut, setelah melakukan monitoring, pihaknya berharap karyawan yang dirumahkan mendapat bantuan.

“Langkah selanjutnya, kemarin habis mendata setelah mendata, diharapkan karyawan yang dirumahkan itu mendapatkan bantuan dari pemerintah.” kata dia.

Buruh Pabrik di Sukabumi Asal Cianjur Kena PHK

Hari Buruh tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK terjadi di beberapa perusahaan. Hal ini dipicu krisis yang diakibatkan masa darurat Covid-19.

SLA (18) misalnya, warga Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur mendapat nasib buruk di-PHK oleh salah satu perusahaan di Sukabumi. Ia menyebut perusahaannya memang kerap melakukan PHK setiap tahun

1 2Laman berikutnya

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button