Bisnis TodayToday

Ribuan Warga Cianjur Dapat Pemasangan Sambungan Air Gratis

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Perumdam Tirtamukti Cianjur kembali menyiapkan layanan pemasangan sambungan air gratis untuk warga berkemampuan rendah. Ada sekitar 2.300 warga yang akan mendapatkan layanan gratis yang merupakan program bantuan dari pusat.

Direktur Teknis Perumdam Tirtamukti Cianjur, Syamsul Hadi, tahun ini pihaknya mengusulkan 2.500 sambungan langganan. Namun yang lolos hasil verifikasi dari konsultan pusat sekitar 2300.

“Kita rutin setiap tahun mendapatkan bantuan, mudah-mudahan masyarakat yang berkemampuan rendah pun bisa menikmati distribusi air yang kita sediakan secara gratis.” tuturnya saat ditemui Cianjur Today, Selasa (01/09/2020).

Syamsul menjelaskan, ada rumus tertentu dalam mengategorikan masyarakat berkemampuan rendah. Seperti nilai rekening terakhirnya berkisar antara Rp400-900 ribu serta dilihat kondisi rumah.

“Yang jelas yang memutuskan itu konsultan dari pusat. Kita hanya mengusulkan, ternyata ada beberapa kriteria yang menyatakan itu tidak layak,” ungkapnya.

Bantuan ini sangat bermanfaat walaupun untuk kategori tertentu. Sebab, untuk biaya pemasangan reguler itu ada sekitar Rp1,2 juta dengan jarak tiga meter dari pusat distribusi. Maka dari itu, dengan bantuan ini masyarakat merasa terbantu.

“Kita sudah pasang di Ciranjang, Bojongpicung, Sukaluyu karena satu cabang. Terus sudah juga di Sindangbarang, Cidaun, Pagelaran sudah juga. Tapi, kebanyakan di Ciranjang dan Sindangbarang,” kata dia.

Adanya bantuan layanan pemasangan sambungan air gratis bagi masyarakat berkemampuan rendah ini diharapkan membuat cakupan pelayanan Perumdam Tirtamukti Cianjur bisa bertambah.

“Masyarakat pun bisa menikmati air bersih, dengan bantuan ini otomatis air itu diantar ke depan rumah dengan keran.” tukasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close