ABOUT DESAToday

Rina Hadi Suartika Ukir Sejarah Baru di Kecamatan Ciranjang

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Rina Hadi Suartika mengukir sejarah baru di Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Ia terpilih menjadi kepala desa (kades) perempuan pertama, yang memimpin Desa Sindangsari Kecamatan Ciranjang hasil Pilkades.

Tokoh masyarakat Kecamatan Ciranjang, Iwan Yusup, menjelaskan, setiap pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kecamatan Ciranjang, calon kades perempuan itu pasti ada. Namun belum pernah ada yang lolos menjadi kades sebelumnya.

“Berbeda dengan pelaksanaan musim Pilkades tahun 2020, ada dua orang perempuan yang ikut mencalonkan Kades. Di antaranya Rina Hadi Suartika yang akhirnya mampu memperoleh suara paling banyak di antara calon kades lain,” paparnya kepada Cianjur Today, Kamis (16/4/2020).

Dengan adanya itu, Rina selaku Kades Sindangsari merupakan seorang perempuan yang menjadi kades pertama di Kecamatan Ciranjang. Menurutnya, ini merupakan sejarah baru adanya kades perempuan di Ciranjang.

“Hal tersebut menandakan bahwa masyarakat Desa Sindangsari khusnya, umumnya warga Kecamatan Ciranjang, sudah tidak tabu lagi dengan adanya pimpinan seorang perempuan.Tidak membeda-bedakan gender,” tambah Iwan.

Sementara itu, Kades Sindangsari, Rina, menjelaskan, tersirat ingin mencalonkan kades mulanya hanya coba-coba saja. Namun di tengah perjalanan ternyata banyak yang memberiakn dukungan dari berbagai kalangan masyarakat. Misalnya para kyai, ajengan, ustaz dan, tokoh masyarakat lainnya.

“Dukungan moril itulah yang menjadi penyemangat untuk melaksanakan perubahan, pelayanan, dan pembangunan terhadap masyarakat Desa Sindangsari,” paparnya.

Ia pun bertekad tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan masyarakat terhadap dirinya. Rina siap membangun Desa Sindangsari lebih baik lagi.

“Akan membangun Desa Sindangsari ke arah yang lebih baik dan sejahtera,” tandasnya.(ct5/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button