Today

Roy Suryo Pastikan Video Syur Mirip Gisel Tak Direkayasa, Polisi Masih Tunggu Analisis Forensik

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan hasil analisis akan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk proses penyidikan selanjutnya.

“Kami masih menunggu hasil saksi ahli forensik untuk wajah, kami tahu menganalisis bukanlah hal mudah. Intinya setelah kami dapati hasilnya akan kami sampaikan ke rekan-rekan,” kata Yusri kepada wartawan, Sabtu (21/11/2020).

Kepolisian hingga saat ini telah memeriksa enam saksi, termasuk Gisel, dan penyidik berpotensi akan memeriksa saksi lain jika masih dibutuhkan untuk melengkapi berkas perkara.

Selain itu, Yusri menyatakan penyidik juga masih terus mendalami satu akun media sosial yang menyebarkan video itu secara masif. Pemilik akun tersebut, kata Yusri, telah dimintai keterangan

“Kami masih belum tahu hasil pemeriksaan seperti apa,” ucap Yusri.

Beberapa hari lalu, penyanyi Gisella Anastasia alias Gisel yang disebut mirip dengan pemeran wanita dalam video syur tersebut telah diperiksa.

Bahkan, pakar telematika Roy Suryo memastikan, bahwa video syur mirip Gisel tak ada rekayasa, namun di-retake. Roy menyoroti sisi kemiripan wajah pemeran dengan Gisel, karena merasa curiga video viral yang disebut mirip mantan istri Gading Marten tersebut suaranya dihilangkan.

“Pertama, ini harus hati-hati karena saya sangat mendukung penuh upaya dari pelaporan dan upaya dari Polda Metro Jaya,” tutur Roy Suryo.

Roy Suryo mengungkapkan fakta bahwa video tersebut diduga telah direkayasa pihak tertentu yang menyebarkan.

“Ini memang perlu dicari siapa pembuatnya atau siapa perekayasanya,” lanjutnya.

Roy menyebut, video tersebut memang benar-benar asli, meskipun belum dapat ditetapkan identitas pelakunya. Ia lalu menjelaskan proses rekayasa yang dilakukan si pembuat video.

“Video ini sebenarnya hasil retake. Hasil retake itu adalah video sebenarnya, ada seorang wanita dan laki-laki yang sedang melakukan sesuatu yang saya tidak berniat menilai moralnya,” ungkapnya.

Tetapi, lanjut Roy, itu kemudian direkam ulang menggunakan gadget. Artinya video itu diputar, kemudian direkam ulang, jadi ini retake,” terangnya.

Lebih lanjut, Roy Suryo mengungkapkan dugaannya terkait alasan si penyebar merekayasa video syur tersebut dan bukannya langsung menyebarkan video aslinya.

“Kenapa direkam ulang itu ada maksudnya, supaya dia tidak terdeteksi kapan video ini dibuat yang asli. Bahkan suaranya dihilangkan,” tambahnya.

Roy memastikan lelaki dan wanita yang ada di video itu, terutama wanitanya itu adalah orang beneran.

“Orangnya ada, real dan kita sudah analisis itu bukan orang yang ditempel wajahnya,” pungkasnya.(sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker