Pendidikan

Rukun Wudhu dan Syaratnya yang Penting Diketahui

CIANJURTODAY.COMRukun wudhu merupakan syarat  syahnya salat yang wajib dipenuhi secara baik dan benar.Alasannya, dalam rukun tersebut terdapat enam urutan tata cara berwudhu yang harus dilakukan secara berurutan.

Ketika hendak melakukan kegiatan ibadah baik salat maupun membaca Al-Quran wajib mensucikan diri dengan berwudhu. Namun, hal lain dalam pelaksanaan wudhu ada sejumlah syarat  wajib wudhu yang perlu mendapat perhatian.

Syarat Wajib Wudhu

Adapun syarat wajib wudhu tersebut salah satunya berakal, yang berarti seorang Muslim yang akan melakukan wudhu tersebut sehat dan tidak berakal sehat(gila). 

Orang yang tidak berakal sehat tidak sah wudhunya apabila penyakitnya kambuh. Oleh karena itu, seorang Muslim sedang tidak sehat akalnya tidak wajib berwudhu.

 Syarat wudhu lainnya, yakni baligh kemudian beragama Islam memiliki kemampuan dalam menggunakan air suci. Kemudian suci  dari hadast,nifas, najis dan haid terus setelah memenuhi persyaratan tersebut dapat melaksanakan wudhu.

Rukun Wudhu

Berdasarkan kesepkatan beberapa ulama ada 6 rukun wudhu yang harus kamu lakukan supaya sah, yakni niat wudhu.

Niat Wudhu

 Niat wudhu salah satu rukun wudhu wajib kamu laksanakan dengan mengucapkan 

Nawaitul whuduua liraf’il hadatsil asghari fardhal lillahi ta’ala)

Artinya:

“Aku berniat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardhu karena Allah Lillahi Ta’ala”

Rukun wudhu selanjutnya membasuh kedua tangan dan menggosok gigi dengan siwak dan berkumur-kumur lakukan 3 kali.

Basuh Wajah

Salah satu rukun wudhu dengan membasuh wajah sebagaimana ada dalam surat Maidah yang berbunyi.  

“Hai orang-orang yang berhuiman, apabila kamu hendak shalat, maka basuhlah mukamu”.

Dalam ayat tersebut terdapat kata basuhlah mukamu yang berarti meratakan air pada salah satu anggota tubuh, yaitu wajah.

Kemudian, batas wajah yang harus di basuh antara tumbuhnya rambut pada kepala sampai bawah janggut termasuk  bulu mata, alis hingga semua sekitar wajah.

Basuh Kedua Tangan sampai ke Siku

Tidak lupa membasuh kedua tangan sampai siku yang menjadi bagian rukun ketiga. Pada bagian ini anggota tubuh yang dibasuh dilakukan secara berurutan dari bagian kanan dilanjutkan bagian kiri.

Usap Sebagian Kepala

Rukun wudhu yang keempat membasuh sebagian kepala, yakni bagian depan rambut hingga ke atas bagi kaum laki-laki dan perempuan cukup usapkan bagian kepala saja tidak sampai ujung rambut.

Membasuh Kedua Kaki Beserta Kedua Mata Kaki

Rukun wudhu yang kelima yaitu membasuh kedua kaki beserta kedua mata hingga telapak kaki sampai bersih.Sedangkan bagian lain seperti betis dan lutut tidak wajib hukumnya.

Tertib

Pada saat melaksanakan harus secara tertib dan berurutan dengan mendahulukan anggota tubuh bagian kanan dilanjutkan bagian lain dan diakhiri baca doa setelah wudhu yang artinya 

 “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (saleh).”(nin)

Artikel Terkait:

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami