CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Rumah Singgah Sampah Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, dipindahkan. Setelah bertahun-tahun berlokasi di Desa Sindanglaya, kini menempati tempat baru di Desa Palasari mulai Kamis (6/8/2020).

Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kahupaten Cianjur, Sugeng Suprianto, mengatakan pemindahan Rumah Singgah Sampah merupakan hasil kesepakatan dari para kepala desa dan Camat Cipanas. Diharapkan sampah bisa diolah lebih produktif.

“Jadi untuk selanjutnya rumah singgah sampah ini bukan hanya sampah singgah di sini akhirnya dibuang ke TPA di Cianjur. Kami berharap ke depannya bisa diolah menjadi lebih produktif lagi,” ujarnya.

Ia menuturkan, lokasi sebelumnya di Lembah Koi rawan longsor. Kini di Desa Palasari luasnya sekitar 200 meter dan dinilai lebih aman.

“Saya juga berterima kasih kepada Kepala Desa Palasari karena sudah memfasilitasi lahan untuk Rumah Singgah Sampah ini. Dia sudah berpikiran jauh ke depan bahwa sampah itu bukan menjadi bahaya atau penyakit, tapi akan menjadi nilai ekonomis yang lebih baik,” ungkapnya.

Mulai Jumat (8/8/2030), pengumpulan sampah sudah dipindah ke Desa Palasari, sehingga bangunan lama akan dikosongkan. Tahapan selanjutnya akan dilakukan pembagunan TPS 3R yang kumplit dengan alat pengolahan, pengeringan, dan daur ulang sampah.

“Untuk mengantisipasi bau, setiap sampah dimasukkan dalam karung. Agar tidak berjatuhan setiap pengangkutan akan ditutup oleh jaring,” tegasnya.

Camat Cipanas, Latif Ridwan, mengatakan, pemindahan dilakukan karena jumlah penduduk hampir 108.000 jiwa dari tujuh desa. Kapasitas sampah per hari di Cipanas bisa mencapai 41 ton .

“Kalau seandainya ini tidak segera ditanggapi dan disikapi oleh pemerintah, akan mejadi masalah besar untuk masyarakat,” ujarnya.(ct6/rez)