Today

Rusak karena Hujan, Peresmian Wisata Sejarah Cigunung Tugu Takokak Ditunda

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Rencana diresmikannya tempat wisata Sejarah Cigunung Tugu Makam Pahlawan di Desa Pasawahan, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur terpaksa kembali ditunda.

Pasalnya, danau Cigunung Tugu rusak parah, akibat hujan deras beberapa waktu lalu.

Ketua Pokdarwis Cigunung Tugu, Yandi Madyani mengatakan, peresmian Wisata Cigunung Tugu sebelumnya akan dilakukan pada 12 September 2021 kemarin.

“Rencananya pada 12 September itu akan ada peresmian dan kami juga sudah menyiapkan berbagai persiapan untuk peresmian. Namun, pada 7 September lalu, ada hujan besar hingga air meluap dan menyebabkan tanggul danau jebol,” ujarnya kepada Cianjur Today, Rabu (15/9/2021).

Yandi mengungkapkan, saat ini danau Cigunung Tugu masih dalam tahap perbaikan dan akan selesai pada pertengahan Oktober mendatang.

“Saat ini perbaikannya masih di sekitar danau. Insya Allah, kalau sudah selesai perbaikan, fasilitas pendukungnya pun akan kembali kami siapkan,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Desa Pasawahan, Ega Muhammad Fajar mengatakan, pihaknya sudah melakukan MoU dengan pihak Perhutani untuk pengelolaan Wisata Cigunung Tugu.

“Ini adalah sebuah langkah percepatan pembangunan dan pengelolaan wisata Cigunung Tugu yang ada di Desa Pasawahan,” jelas dia.

Ega mengungkapkan, tujuan peresmian tempat wisata tersebut ialah untuk menaikan Pendapatan Asli Desa (PADes), serta bagaimana menaikan perekonomian masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. 

“Intinya saya ingin Kecamatan Takokak, khususnya Desa Pasawahan memiliki icon khusus di lokasi wisata sejarah Cigunung Tugu Pahlawan ini,” ucap dia.

Ia berharap, Wisata Cigunung Tugu bisa menjadi kebanggaan Kecamatan Takokak. Termasuk bisa bermanfaat serta berdampak positif terhadap warga Kecamatan Takokak, khususnya warga Desa Pasawahan. 

“Untuk peresmiannya, kami sudah membentuk tim khusus,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button