Today

Salat Idul Fitri di Lapangan Prawatasari Cianjur Berlangsung Khidmat

CIANJURTODAY.COM, Cianjur -Pelaksanaan Salat Idul Fitri 2020 kini digelar di lapang Prawatasari Joglo Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Minggu (24/5/2020). Biasanya kegiatan salat Ied digelar di Masjid Agung Cianjur.

Secara umum, salat berlangsung khidmat dengan menerapkan protokol covid-19 yakni jaga jarak. Di gerbang pintu masuk lapangan Prawatasari, masyarakat yang akan melaksanakan salat suhu tubuhnya diperiksa lebih dulu.

Imam yang memimim salat Ied, KH Muhamad Zainudin menjelaskan lebih dulu tata cara salat dalam situasi pandemi covid-19.

Lalu, penceramah Dr Nanang Gozali berdiri dan langsung menyampaikan tausiyah Idul fitri dengan tema ibadah di tengah pandemi covid-19.

Menurut pantauan, jamaah yang melaksanakan salat Idul fitri di lapang Prawatasari tidak terlalu banyak. Masih ada ruang kosong cukup luas di area lapang terlebih di saf wanita.

Dalam ceramahnya, ia mengingatkan tentang ketakwaan dan kematian yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

“Dengan adanya wabah ini semua mengingat kembali milik Allah SWT. Ekonomi yang kuat, negara adidaya yang kuat. Semua tak bisa menghindar,” jelasnya.

Selain itu, ia pun mengingatkan untuk meningkatkan kepedulian sosial karena dalam situasi seperti ini, semakin banyak yang kesusahan.

“Berdosa jika dirinya kenyang sementara tetangganya kelaparan dan tak bisa tidur. Semua harus meningkatkan kepedulian sosial,” ucap dia.

Mengenai hikmah dibalik wabah Covid-19, lanjut Nanang, pandemi ini memberikan manfaat yaitu kedekatan bersama keluarga. Karena kerap tinggal di rumah, orang tua yang biasanya sibuk saat ini selalu ada di tengah keluarga.

Salah seorang jamaah asal Cikidang, Kelurahan Sayang, Nani Setiani (45) mulanya pergi ke Masjid Agung Cianjur karena ia biasa melaksanakan salat di sana.

“Tadi sempat ke sana. Tapi tidak ada orang. Lalu ada yang memberitahu ke sini,” kata Nani. Menurutnya, secara umum salat berlangsung seperti biasa dan khusuk.(afs)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker