Ramadan Today

Salat Ied di Lapangan dari Sisi Kesehatan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur mengimbau masyarakat melaksanakan Salat Ied Idul Fitri 2020 di lapangan. Ternyata, hal itu memiliki dampak dalam pencegahan Covid-19.

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan sirkulasi ruangan terbuka seperti di lapangan berbeda dengan di gedung.

“Kalau di dalam ruangan sirkulasi udaranya lebih tertutup dibandingkan di lapangan, apalagi di lapang pas ada matahari lebih bagus,” tuturnya, Rabu (20/05/2020).

Salat Idul Fitri 2020 biasa dilaksanakan pada pukul 06.00 WIB. Ia menyebut biasanya pada jam tersebut matahari sudah terbit.

“Memang sudah ada jam 6 matahari itu, jadi untuk membunuh virusnya lebih bagus. Bisa langsung dengan ultraviolet. Sirkulasinya tidak seperti gedung atau tertutup,” katanya.

Namun, dalam pencegahan penularan virus corona atau Covid-19 tidak bisa mengandalkan hal itu saja. Protokol kesehatan masih perlu dilaksanakan.

“Tidak hanya mengandalkan itu, tapi protokol kesehatan lain harus diikuti seperti jaga jarak, pakai masker, itu penting juga,” katanya.

Ketua MUI Kabupaten Cianjur, KH Abdul Rauf, mengatakan dari sisi hukum Islam, melaksanakan Salat Ied di lapang pun dianjurkan.

“Satu sisi hukum, kalau salat ied itu lebih baik di lapang. Kalau salat Jumat dan yang lainnya di masjid,” katanya, Selasa (19/05/2020).

Ia mengatakan, situasinya begitu pas karena dari sisi hukum dan sisi kesehatan bisa sesuai.

“Jadi ini pas, dari sisi kesehatan dari dinkes menyampaikan akan lebih aman di lapang. Karena kalau di luar itu virus cepat mati.” tukasnya.(afs/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker