Today

Saluran Air untuk Dua Desa di Cipanas Tertutup Longsor

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Hampir sepekan, saluran air di Kampung Dahuan RT 04/RW 06, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur tertutup longsor. Akibatnya pasokan air bersih untuk warga di Desa Cimacan dan Palasari Kecamatan Cipanas terhambat.

Ketua RT 04, Jumiati, mengatakan longsor terjadi pada Sabtu (22/2/2020) subuh. Saat itu warga mendengar suara gemuruh. Setelah dicek sekitar pukul 06.00 ternyata ada longsor. Tanah menutupi saluran air untuk ke dua desa dan kebun milik warga.

“Dampak longsor ini dua desa kususnya Kampung Dahuan mengalami kekurangan air. Jalur air menuju kampung kami ini tertutup oleh material longsor tanah bercampur dengan sampah,” ungkapnya kepada Cianjur Today, Rabu (26/2/2020).

Penanganan longsor di Cipanas ini dilakukan relawan bencana dan warga. Mereka membuang material longsor yang menutupi aliran air menuju pedesaan.

“Alhamdulilah untuk bencana ini ada bantuan dari warga setempat dan salah satu calon kepala desa yang sudah terpilih,” jelasnya.

Pihaknya berharap pemerintah setempat bisa membatu dan membuat tebing supaya tidak ada longsor susulan.

Sementara itu Koordinator Kecamatan (Korcam) Cipanas Relawan Tangguh Bencana (Retana), Heri Saputra, mengatakan pihaknya menerjunkan sejumlah anggota untuk menangani longsor tersebut. Penanganan diperkirakan membutuhkan waktu dua atau tiga hari.(ct6/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks