Today

Saluran Limbah PT UJL Bocor, Aliran Sungai Tercemar

Akibatnya Warga Gatal-gatal

CIANJURToday – Warga Kampung Panuusan, Desa Sindangraja, Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur mengaku merasa gatal-gatal di sekujur badan, akibat bocornya saluran limbah cair pabrik tekstil milik PT Unitama Jaya Lenstari (UJL), yang mengkontaminasi aliran air irigasi sampai ke sungai.

Warga setempat mengaku, saluran limbah yang bocor masuk ke aliran sungai. Sungai tersebut, sering dimanfaatkan warga untuk kebutuhan kebersihan mandi, cuci, kakus bahkan hingha dikonsumsi.

“Badan saya jadi gatal-gatal di semua badan, gara-gara air yang teraliri limbah,” ujar Sodikin (65) salah satu warga Desa Sindangraja.

Kata Sodikin, gatal-gatal yang dialami warga dirasakan sudah hampir tiga tahun terakhir. Hal ini dipicu semenjak air sumur miliknya terkontaminasi limbah cair pabrik tersebut.

“Yang merasa gatal setelah mandi pakai air di sini bukan saya aja, tapi hampir semua warga jadi gatal -gatal,” bebernya.

Sodikin menyebutkan, limbah pabrik tersebut mengalir hingga sampai ke permukiman warga lewat benteng belakang pabrik. Di sana ada saluran yang bocor sampai aliran cairan limbahnya merembes keseluruh sumur milik warga.

“Bahkan limbah ini rembes juga ke kolam di masjid, yang airnya suka dipakai wudhu. Sekarang sepertinya sudah tidak ada lagi air bersih disini, karena sudah tercemari limbah,” ungkap dia.

Sementara itu, HRD PT UJL, Robert Sampou mengaku, pihak perusahaan sudah mempunyai Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL). Namun, ia tidak mengetahui jika ternyata ada saluran limbah yang bocor, dan merembes hingga menyebabkan penyakit.

“Kami akan secepatnya berkoordinasi dengan pimpinan untuk menyikapi air limbah tersebut. Tapi pembuangan air limbah sudah sesuai dengan apa yang diintruksikan DLH Kabupaten Cianjur,” pungkasnya.(RIZ)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami