Today

Sapi Jumbo di Nagrak Ini Dimandikan Dulu Sebelum Disembelih

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sapi jumbo seberat 6 kwintal di Kampung Wargaluyu, RT 02/ RW 11, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, dimandikan dulu sebelum disembelih. Menurut pemiliknya, membersihkan sapi kurban ini merupakan rangkaian sunnah jelang Hari Raya Idul Adha.

Pemilik sapi kurban, Cep Hernawan, mengatakan, pada dasarnya sapi kurban harus diurus atau dibersihkan jelang berkurban. Ia pun memandikan sapinya di deoan rumah, hingga menjadi tontonan warga sekitar.

“Sunnahnya memang harus diurus dulu. Dirawat, dibersihkan sebelum nantinya disembelih kurban,” tuturnya kepada Cianjur Today, Kamis (30/07/2020).

Sapi ini diikat di pilar rumah dan disemprot menggunakan selang. Ia menyebut, lebih mudah dibersihkan seperti ini daripada menggunakan ember.

“Biar mudah aja, kalau pagi juga gak banyak yang lewat ke jalan. Jadi gak terlalu ngehalangin jalan. Kotorannyan juga udah nempel banget jadi agak susah membersihkannya,” jelas dia.

Sapi seharga Rp26 juta ini jika disembelih bisa menghasilkan daging sekitar ratusan kilogram. Sebelum dikurbankan kesejahteraan sapi itu perlu diperhatikan. Seperti kebersihan fisik dan kebutuhan makanan.

“Kesejahteraan hewan kurban ini perlu agar sapi tidak stress dan dapat menghasilkan kualitas daging yang bagus.” tukasnya.(afs/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button