Today

Sapma Pemuda Pancasila Minta PDIP Hukum Arteria Dahlan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur -Sapma Pemuda Pancasila Kabupaten Cianjur menyayangkan dan mengecam keras statement yang dilontarkan Arteria Dahlan, karena telah menyinggung masyarakat Sunda.

Sebelumnya, dalam rapat Komisi III dengan Jaksa Agung, Arteria Dahlan menyentil dan meminta Jaksa Agung, ST Burhanuddin untuk mencopot Kajati yang berbicara menggunakan Bahasa Sunda.

Ungkapan itu terlontar saat rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada 17 Januari 2021 lalu.

Padahal, sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 32 UUD 1945 ayat 2, bahwa setiap warga negara harus memelihara bahasa daerah. Bukannya malah melarang bahasa daerah. Termasuk dalam UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Ketua Sapma Pemuda Pancasila Kabupaten Cianjur, Buana Faghfirly mengatakan, walaupun Arteria Dahlan sudah meminta maaf. Namun, itu harus melalui perdebatan yang sengit dan telah banyak menuai kontroversi, khususnya dari masyarakat Sunda.

“Hal ini sangat kami sayangkan, karena Arteria Dahlan tidak secara langsung meminta maaf setelah kejadian. Tapi setelah banyak menuai kecaman, permohonan maaf baru terlontar darinya,” ungkap Buana kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Buana menyebut, sebagai wakil rakyat, Arteria Dahlan seharusnya mampu menjaga tutur kata dan sikap dalam berbicara. Sehingga bisa tercipta stabilitas kesatuan Republik Indonesia dan menghindari perpecahan antar sesama anak bangsa.

“Dengan segala hormat, kami berharap DPP PDIP-Perjuangan agar segera memberikan tindakan tegas berupa melaksanakan Pergantian Antar Waktu (PAW) bagi Arteria Dahlan,” tandasnya.(arm/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button