Today

Satu Kampung Di Desa Karangnunggal Cibeber Belum Dialiri Listrik

CIANJURTODAY.COM – Sebanyak 93 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Cihurip Desa Karangnunggal Kecamatan Cibeber belum dialiri listrik. Hal ini di ketahui oleh kelompok mahasiswa Universitas Suryakancana (UNSUR) Cianjur yang sedang melakukan Kuliah Kerja nyata (KKN) di wilayah tersebut.

“Kami akan mengupayakan audiensi ke pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Cianjur untuk menanyakan persyaratan apa saja yang harus di tempuh agar wilayah tersebut bisa dialiri listrik, karena listrik merupakan kebutuhan pokok,” ujar ketua KKN Posko 21 Karangnunggal Aceb Badani.

Baca Juga: Insiden Seorang Pekerja Tersengat Listrik hingga Alami Luka Bakar, Begini Penjelasan PLN Cianjur

Adapun hasil musyawarah dengan warga, Acep mengatakan bahwa di daerah tersebut sudah 20 tahun tidak menikmati listrik.

“Daerahnya diatas bukit, disana memang tidak ada infrastruktur tiang listrik sehingga sulit, tanah juga tidak diijinkan untuk di pasang dan dilalui tiang karena milik pengusaha swasta,” jelasnya.

Acep juga menyayangkan ada oknum yang memanfaatkan hal tersebut, dia mengatakan untuk pengadaan listrik warga dibebankan harus membayar senilai Rp51 Juta.

“Warga keberatan karena dibebani biaya sebesar itu, kami juga meminta agar permohonan kami untuk melakukan audiensi di respon baik dan berjalan kondusif,” ungkap dia.

Untuk sekadar menyalakan lampu saat malam hari warga kampung Cikahurip harus membuat sambungan listrik ke kampung sebelah.

Mendengar permasalahan tersebut anggota DPRD Kabupaten Cianjur Komisi IV Muhammad Herry Wirawan langsung merespon dengan cepat. Pihaknya segera meninjau langsung ke lapangan, dirinya menyayangkan di Kecamatan Cibeber masih ada wilayah yang belum teraliri listrik.

Baca Juga: Pohon Tumbang Bikin Putus Kabel PLN, Listrik Sejumlah Desa di Sukaresmi Padam 3 Jam

“Kita akan coba tinjau dulu permasalahan-permasalahan di lapangan seperti apa sehingga daerah tersebut tidak bisa dialiri listrik. Termasuk menjembatani permohonan audiensi mahasiswa dengan PLN yang akan di gelar nanti, semoga bisa di atasi secepatnya,” pungkasnya.

Terpisah, perwakilan PLN Cianjur H Deetje menjelaskan saat di konfirmasi melalui sambungan telepon, bahwa pihaknya belum mengetahui di Desa Karangnunggal Kecamatan Cibeber ada daerah yang belum terjangkau listrik.

“Akan saya tanyakan dulu ke bagian Humas karena kami belum mendapatkan informasi terkait hal itu, termasuk permohonan audiensi dari mahasiswa,” tutupnya.(ezr)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami