Today

Saung Baca Ajak Anak-anak Ikut Ramadan Hijau

CIANJURTODAY.COM, Warungkondang – Saung Baca Warungkondang, Cianjur Rutin menggelar kegiatan bermanfaat bagi masyarakat, tak terkecuali di Bulan Ramadan ini dengan mengajak anak-anak ikut kegiatan Ramadan hijau (Ramah lingkungan).

Pendiri saung baca Sandi Mulyadi atau biasa dipanggil akrab Mang Yadi mengatakan, kegiatan Ramadan Hijau bersama anak-anak di saung baca tersebut rutin digelar setiap bulan suci Ramadan setiap harinya.

Baca Juga: Tumbuhkan Gerakan Membaca, Kodim Cianjur Bangun Saung Belajar bagi Siswa Sekolah

“Biasanya di saung baca tersebut anak-anak diajak untuk bergaya hidup minim sampah dalam beraktivitas selama Ramadan. Nantinya, untuk di kemudian hari menjadi kader lingkungan,” tuturnya kepada Cianjur Today, Minggu (17/03/2022).

Saung Baca yang berada di Kampung Cicadas Rt 02 Rw 04, Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur ini terus mengisi kegiatan bermanfaat. Kali ini, sambil menjelang berbuka puasa dengan para anak-anak.

“Dengan salah satunya kita belajar peduli lingkungan dengan membuat atau memanfaatkan sampah plastik menjadi ecobrick,” ucapnya.

Anak-anak di saung baca ini merupakan anak-anak yang berada di lingkungan saung baca mang Yadi. Selain bulan suci Ramadan anak-anak juga terus belajar di saung baca tersebut.

“Karena ini sedang Ramadan kita isi waktu ngabuburit kita bersama anak-anak dengan belajar tentang lingkungan. Ramadan Hijau juga belajar memanfaatkan sampah-sampah seperti plastik yang bisa di olah,” jelasnya.

Banyak Kegiatan Menarik di Saung Baca

Ada juga kegiatan di saung baca seperti, berbuka puasa dengan tanpa kemasan plastik sekali pakai. Selain itu ada pelatihan daur ulang sampah sebelum menjelang berbuka dan membaca buku tentang lingkungan.

“Selain kegiatan itu juga kita ada kegiatan berbagai sedekah untuk anak yatim di saung baca. Nah untuk yang mau gabung juga bersama kita boleh langsung datang aja ke saung baca,” ungkapnya.

Baca Juga: Saung Ilmu Gemilang Saylendra Aktif Perkuat Pendidikan Anak Sekolah

Yang ingin mendukung kegiatan Ramadan hijau di saung baca atau ingin bersedekah, bisa bersedekah buku atau sedekah untuk berbuka anak-anak saung baca.

“Kalau mau sedekah boleh langsung dateng sambil buka puasa bersama anak-anak, kalau mau sedekah buku juga bisa di paket kan atau bisa transfer melalui rek BCA 8100248183 Sandi Mulyadi,” pungkasnya.(**)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks