Today

Segmen 3 Reaktivasi Jalur KA Cianjur – Padalarang Dimulai 2022

Menhub Resmikan Reaktivasi Jalur Kereta Api Cianjur - Cipatat

CIANJURTODAY.COM, Haurwangi – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, meresmikan pengoperasian reaktivasi jalur kereta api (KA) Cianjur – Ciranjang – Cipatat, Senin (21/9/2020). Hal itu merupakan segmen kedua dari program reaktivasi jalur KA Cianjur – Padalarang.

Dalam kesempatan tersebut, Budi menjelaskan, reaktivasi ini dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas jalan raya di wilayah Jawa Barat bagian selatan. Kemenhub telah dan sedang melaksanakan pembangunan jalur ganda kereta api lintas Bogor – Sukabumi sepanjang 57 km. Selain itu melakukan program reaktivasi jalur KA Cianjur – Padalarang.

“Harapannya ini dapat memperlancar konektivitas dan aksesibilitas masyarakat Bogor dan Sukabumi – Padalarang dan sekitarnya.” kata Budi di Stasiun Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi.

Reaktivasi jalur KA Ciranjang – Cipatat ini merupakan tindak lanjut dari reaktivasi segmen 1 Cianjur – Ciranjang yang telah dilaksanakan tahun 2019. Pekerjaan segmen 2 Ciranjang – Cipatat telah diselesaikan di antaranya adalah peningkatan jalur KA serta normalisasi badan jalan. Proyek ini menelan anggaran sebesar Rp. 118,8 Milyar yang berasal dari APBN Tahun 2019.

Pembangunan segmen terakhir atau segmen 3 Cipatat – Padalarang sepanjang 13.8 kilometer yang ditargetkan akan dimulai pada tahun 2022. Target peningkatan jalur kereta api ini adalah, peningkatan kapasitas lintas dari yang semula 3 perjalanan KA menjadi 7 perjalanan KA.

Penambahan jumlah rangkaian kereta yang sebelumnya hanya terdapat 5 rangkaian kereta bertambah menjadi 8 rangkaian. Waktu tempuh KA Cipatat – Sukabumi atau sebaliknya adalah 2,5 jam atau sekitar 30 menit lebih cepat dari moda transportasi darat mobil atau bus.

Ditargetkan pula, jumlah penumpang yang diangkut yang semula maksimal 2.169 orang per hari dapat meningkat menjadi 6.507 orang perhari.

“Peresmian reaktivasi jalur ini juga merupakan kado istimewa dari Kementerian Perhubungan bagi masyarakat Jawa Barat. Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada tanggal 17 September 2020 lalu,” tambahnya.(rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker