Tips, Trik, dan Tutorial

Sejarah dan Bingkai Foto Twibbonize Hari ASI Sedunia 1 Agustus

CIANJURTODAY.COM – Berikut merupakan sejarah dan bingkai foto Twibbonize Hari Air Susu Ibu (ASI) Sedunia yang diperingati setiap 1 Agustus.

Peringatan Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW) merupakan cara yang dilakukan WHO dan UNICEF yang bertujuan untuk mendukung ibu menyusui di seluruh dunia.

Momentum ini akan berlangsung
setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus, demi mengoptimalkan kesehatan gizi serta kesehatan ibu dan anak.

Sejarah dan Bingkai Foto Twibbonize Hari Asi Sedunia 1 Agustus

Nih link bingkai foto Twibbonize Hari ASI:

Dirangkum dari berbagai sumber, peringatan ini pertama kali dicetuskan setelah adanya forum World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) pada 14 Februari 1991.

Bersamaan dengan dicetuskannya Innocenti Declaration, yang diinisiasi oleh WHO, UNICEF, pemerintah dari beberapa negara, serta sejumlah organisasi lainnya.

Namun beberapa sumber mengatakan awal mula peringatan Pekan ASI Sedunia ditetapkan pada tahun 1992.

Adapun terkait Innocenti Declaration itu merupakan gerakan yang bertujuan unutuk melindungi, mempromosikan, dan mendukung gerakan ibu menyusui.

Dalam setiap peringatannya, Hari Pekan ASI Sedunia mengusung tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Biasanya tema yang diangkat berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak, wanita dan pekerjaan, pendidikan, hak asasi manusia, dan lain-lain.

Untuk tahun ini, Hari Pekan Asi Sedunia
akan mengusung tema ‘Protect breastfeeding: a shared responsibility is about how breastfeeding contributes to the survival, health and wellbeing of all’.

Tema tersebut menjelaskan bahwa dalam hal menyusui, tanggung jawab tidak hanya pada seorang ibu, tapi juga lingkungan sekitar, terutama ayah dan orang-orang terdekat.

Kegiatan menyusui adalah hal yang wajar dan lumrah, namun hal itu merupakan tanggung jawab bersama yang memerlukan dukungan dari semua tingkatan masyarakat.

Hal itu dikarenakan menyusui berkaitan pada kelangsungan hidup, kesehatan, dan kesejahteraan semua orang.

Dalam tema itu juga tersirat tujuan untuk mencapai keberhasilan ibu menyusui serta meningkatkan durasi menyusui, serta efek jangka panjangnya yang dapat meningkatkan hasil kesehatan ibu dan bayi

Tema Pekan ASI Sedunia tahun ini juga menegaskan setiap pihak untuk meningkatkan kesadaran di antara para pengambil keputusan (pemerintah) serta masyarakat luas.

Mereka harus sadar bahwa memastikan lebih banyak ibu yang berhasil menyusui, merupakan tanggung jawab bersama.(ega/bbs)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button