Today

Sejumlah Kecamatan di Cianjur Rawan Banjir, Ini Sebabnya

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sejumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur rawan banjir saat musim hujan. Daerah tersebut terletak di dekat dengan sungai besar dan muara.

“Daerah rawan itu daerah yang dekat sungai besar seperti Cibeber, Cianjur Kota, dan Cipanas juga. Daerah Cianjur Selatan seperti Cidaun pun rawan karena dekat dengan muara, yaitu tempat pertemuan laut sungai.” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokh Irfan Sofyan, kepada Cianjur Today, Senin (06/01/2020).

Sampah Jadi Penyebab

Ia mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, hal itu dapat menyebabkan gorong-gorong tersumbat sehingga aliran air tidak mengalir dengan baik.

“Untuk antisipasinya, kami imbau kepada masyarakat untuk jangan buang sampah sembarangan. Sampah itu yang selalu membuat mampet digorong-gorong. Jadi, yang membuat aliran air belum optimal itu sampah,” tambahnya.

Saat ini BPBD berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur untuk menanggulangi banjir. Hasil kajian terungkap bahwa penyebab banjir adalah sampah.

“Saat ini kami juga sedang berkoordinasi dengan PUPR terkait gorong-gorong. Jadi, masih dalam kajian. Hasil sementara dari kajian bersama PUPR, penyebab terjadinya banjir di wilayah Cianjur itu adalah karena sampah, jadi saluran airnya mampet.” tutupnya. (afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami