Pendidikan

Sekolah Targetkan PTM Digelar Juli 2021, Satgas Cianjur: Belum Ideal

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sekolah di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Cianjur ditargetkan bisa menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Juli 2021. Namun ternyata hal itu masih dirasa belum tepat dilakukan dengan banyaknya pertimbangan.

Hal tersebut diungkapkan, Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal. Menurutnya, target tersebut harus diimbangi dengan percepatan yang sangat luar biasa dalam penanganan Covid-19.

“Seharusnya vaksinasi dilakukan 70 persen penduduk dulu, baru bisa membuka sekolah-sekolah secara tatap muka,” tutur Yusman kepada Cianjur Today, Kamis (18/3/2021).

Meskipun demikian, Yusman menyebut, sekolah tatap muka bisa dipercepat dengan cara menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Dengan pengawasan terutama dari masyarakat kemudian juga dari aparat pejabat-pejabat yang ada di lingkungan Pemkab Cianjur,” ujarnya.

Akan tetapi, Yusman menegaskan, menerapkan pembelajaran tatap muka di sekolah pada Juli 2021 mendatang memang dirasa belum ideal.

“Sebetulnya belum ideal, karena terlalu cepat. Tapi jika harus dibuka, harus ada persyaratan khusus seperti misalkan sekolah harus sudah memenuhi standar-standar protokol kesehatan. Tapi kalau untuk dibuka secara serentak, Kabupaten Cianjur itu harus menunggu 70 persen penduduk selesai divaksin,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah mengizinkan pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Gubernur Jawa Barat sudah memberikan izin PTM untuk tahun ajaran baru. Karena, daerah di Jawa Barat sudah tidak ada lagi yang masuk zona merah,” paparnya.

Ia menjelaskan, saat ini belum ada yang melaksanakan uji coba, tapi pelaksanaan tersebut akan dilakukan pada Juli 2021. Selain itu, ada persyaratan yang harus dilakukan pihak sekolah maupun pemerintah daerah untuk melakukan PTM. Setiap guru diharuskan sudah melaksanakan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan.

“Teknis akan diserahkan kepada setiap kepala daerah dan Kantor Cabang Dinas (KCD), insya Allah Jabar optimistis PTM dilaksanakan Juli 2021 ini,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button