Today

Sempat Tutup, Pendakian TNGGP Akhirnya Dibuka Kembali

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, membuka kembali jalur pendakian. Khususunya pendakian di TNGGP yang akhirnya dibuka setelah satu bulan tutup pada bulan Ramadhan dan Lebaran.

Pembukaan kembali TNGGP tersebut, Berdasarkan Surat Edaran Kepala Balai Besar TNGGP Nomor: SE.08/BBTNGGP/Tek 2/04/2022 tanggal 11 April 2022. SE tersebut tentang Penutupan Sementara Kegiatan Pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pada tanggal 14 April 2022 sampai dengan 09 Mei 2022. Dalamnya menjelaskan tentang himbauan kepada seluruh calon pendaki bahwa:

Namun ada pembatasan jumlah pendaki sesuai dengan protokol kesehatan. Selain itu, kondisi cuaaca juga jadi penentu pembukaan jalur pendakian ini.

Baca Juga: Besok! Jalur Pendakian TNGGP Mulai buka, Kuota Pendaki hanya 25 Persen

“Pendakian ke Gunung Gede Pangrango sudah buka kembali. Dan mulai besok, Selasa (10/5/2022),” kata Humas BBTNGGP Agus Deni kepada Cianjur Today, Senin (9/5/2022).

Namun, ia mengatakan pendakian TNGGP yang akhirnya dibuka kembali ini sifatnya masih situasional, setelah pihaknya berkoordinasi dengan BMKG yang sudah menyatakan pendakian dapat pendaki lakukan.

“Akan tetapi jalur pendakian ini masih kita batasi 75 persen,” ungkap dia.

Pihaknya menambahkan, pembukaan kembali jalur pendakian ini berlaku di semua jalur yakni, jalur Cibodas, Gunung Putri dan Salabintana.

Baca Juga: Siap Hiking? Jalur Pendakian Gunung Gede Kembali Buka Mulai Besok!

“Maka dari itu, saya menghimbau kepada para pendaki agar tetap mematuhi protokol kesehatan, jadilah pendaki yang cerdas taati aturan pendakian dan waspada karena cuaca tidak menentu,” tutup dia. (ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami