Today

Separuh Jalan di Karangnunggal Masih Tertutup Longsor, Warga Minta Pemerintah Bergerak

CIANJURTODAY.COM, Cibeber – Hampir sebulan separuh jalan penghubung Kampung Cikadu – Cihurip, Desa Karangnunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur tertutup longsor. Dampaknya, aktivitas warga tersendat karena kendaraan roda empat tak bisa melintas.

Wa Kayat misalnya, warga Kampung Cihurip, Desa Karangnunggal. Ia becerita, sejak longsor menerjang desanya sebulan lalu jalan menuju kampungnya sulit dilintasi. Ada tiga titik timbunan tanah yang menghalangi jalan.

“Awalnya tiga spot. Yang longsor Cibeunying itu sebagian dibuka warga. Gotong royong sama warga,” ujarnya kepada Cianjur Today, Sabtu (2/4/2020).

Saat Cianjur Today mendatangi lokasi, ternyata jalanan rusak parah. Ada satu titik jalan di Kampung Cibeunying yang masih tertutup tanah sebagian. Hanya sepeda motor yang dapat melintas. Itu pun harus berhati-hati karena sangat licin.

Beberapa titik jalan lainnya rusak akibat retakan. Sepeda motor yang melintas pun harus ekstra hati-hati. Terlebih saat hujan turun karena membuat jalan menjadi licin.

Ia menjelaskan, hampir sebulan mobil tak bisa masuk ke kampungnya. Akibatnya angkutan barang dan hasil tani tersendat. Hal ini berdampak pada membengkaknya harga.

“Belanja pupuk susah karena mobil gak bisa masuk. Kalau bawa motor repot angkutnya karema biaya transportasinya besar. Kalau pakai mobil bisa sekalian,” tambahnya.

Selain berdampak pada membengkaknya biaya transportasi. Jalan tertutup longsor juga menghambat mobil untuk mengangkut orang sakit ke fasilitas kesehatan.

“Harapan warga ingin segera diperbaiki. Longsor dibersihkan jalan retak diperbaiki. Intinya mobil bisa masuk lagi,” tandasnya.(rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button