Today

Sepekan Lebaran, Jalur Utama Cianjur masih Ramai oleh Pemudik

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sudah sepekan lebaran jalur utama Cianjur, Jawa Barat, ramai lancar. Hanya di beberapa titik rawan macet terlihat antrian dengan laju kendaraan tersendat. Namun tidak menyebabkan antrean yang terus memanjang hingga Minggu m saat ini.

Menurut pantauan Cianjur Today di lapangan hingga Minggu malam, volume kendaraan yang melintas di jalur utama Cianjur, masih tinggi dengan tujuan Bogor.

Antrean kendaraan dengan laju tersendat terlihat mulai dari Jalan Raya Bandung-Cianjur hingga Puncak-Cianjur, namun tidak menyebabkan kemacetan parah.

Baca Juga: H+2 Lebaran, Jalur Cipanas Puncak Macet : Polres Cianjur Berlakukan Satu Arah

Selain itu, terdapat pula antrean dengan laju tersendat di perlintasan kereta api Cipeuyeum dan Pasar Ciranjang. Tepatnya di Jalan Raya Bandung-Cianjur dan beberapa titik di jalur Puncak-Cianjur seperti di Jalan Raya Pacet, dan Pasar Cipanas. Selain itu juga di pertigaan Cibodas dan pertigaan Hanjawar, yang merupakan titik keluar masuk kendaraan pendatang.

Ratusan petugas bersama tim pengurai macet, masih memasang kerucut di tengah jalan di setiap titik rawan. Hal ini agar kendaraan tidak memotong jalur serta mengarahkan pengendara untuk melintas di jalur alternatif yang banyak terdapat di sepanjang jalur utama Cianjur.

Himbauan Kapolres untuk Pemudik yang Melintas di Jalur Utama Cianjur

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan mengatakan, satu pekan lebaran ini arus kendaraan yang melintas di jalur utama Cianjur, hingga saat ini ramai lancar. meski di beberapa titik rawan terlihat laju kendaraan tersendat, namun tidak menyebabkan antrean memanjang.

Bahkan, Lanjut Doni, antrean panjang di jalur Puncak, tidak separah dua hari sebelumnya. Sehingga penerapan sistem satu arah menuju Bogor, baru dilakukan Minggu petang. Sebelum penerapan one way, antrean kendaraan hanya beberapa kilometer dengan ekor antrean di Ciloto-Puncak.

“Seminggu lebaran ini masih masuk puncak arus balik, sehingga kami tetap melakukan sejumlah rekayasa dan penyekatan agar tidak terjadi macet total,” ungkap Kapolres, Minggu (8/5/2022).

“Minggu petang arus kendaraan yang melintas masih ramai lancar dan kami perkirakan akan meningkat seiring tutupnya tempat wisata,” tambahnya.

Maka dari itu, Doni tetap mengimbau, pemudik dengan tujuan balik untuk mengutamakan keselamatan dan beristirahat di sejumlah tempat yang tersedia sebelum melanjutkan perjalanan.

Baca Juga: Pemkab Cianjur akan Buka Alun-alun Setelah Lebaran

“Jangan memaksakan diri, kalau lelah silahkan istirahat terlebih dahulu di rest area yang tersedia di sepanjang jalur utama,” ungkapnya. (ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button