Bisnis Today

Seperti Ini Contoh Penerapan Pajak Adsense Youtube jika Berlaku

CIANJURTODAY.COM- Google akan mengenakan pajak Adsense pada konten kreator Youtube di pertengahan tahun ini. Selama beberapa minggu ke depan, pihak Google akan meminta para konten kreator untuk mengisi informasi mengenai pajak di AdSense mereka.

Tarif pajak yang pasti akan ditentukan berdasarkan informasi pajak yang Anda serahkan kepada Google. Melalui form yang Anda isi juga didalamnya ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab mengenai informasi pajak yang harus dibayarakan nanti pada Google AdSense.

Anda dapat melihat tarif potong/pungut pajak Anda di bagian kelola informasi pajak pada Setelan Pembayaran AdSense setelah mengirimkan formulir. Besarnya potongan/pungutan pajak tidak terlihat di YouTube Analytics.

Contoh Penerapan Pajak Adsense Youtube jika Berlaku

Dalam sebulan terakhir, seorang kreator di India yang tergabung dalam Program Partner YouTube memperoleh pendapatan US$1.000 dari channel YouTube-nya. Dari pendapatan channel sebesar US$1.000 tersebut, US$100-nya diperoleh dari penonton Amerika Serikat.

Berikut ini beberapa kemungkinan skenario pemotongan pajak yang dirangkum dari berbagai sumber.

Kreator tidak mengirimkan informasi pajak berarti potongan pajak akhirnya adalah US$240. Karena kreator tidak mengirimkan informasi pajak, maka tarif potong/pungut pajak yang berlaku adalah hingga 24 persen dari total penghasilan yang diperoleh dari seluruh dunia.

Artinya, sebelum kreator tersebut mengirimkan informasi pajak lengkap, Google harus memotong hingga 24 persen dari total penghasilan yang dia peroleh dari seluruh dunia, bukan hanya dari AS.

Kreator mengirimkan informasi pajak dan mengklaim manfaat perjanjian pajak artinya potongan pajak akhirnya adalah US$15. Hal ini karena India dan Amerika Serikat memiliki perjanjian pajak, sehingga tarif pajak dapat diturunkan menjadi 15 persen dari penghasilan yang diperoleh kreator dari penonton di AS.

Kreator mengirimkan informasi pajak, tetapi tidak memenuhi syarat untuk mengklaim manfaat perjanjian pajak itu berarti potongan pajak akhirnya adalah US$30. Hal ini karena tarif pajak tanpa perjanjian pajak adalah 30 persen dari penghasilan yang diperoleh kreator dari penonton di AS.(ct7/bbs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami