WEEKEND LIST

Sepuluh Tempat Wisata Cianjur yang Murah dan Menakjubkan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Liburan merupakan suatu kebutuhan untuk setiap orang yang ditunggu.  Memilih tempat liburan menjadi hal pertama, agar liburan dapat terencana. Menikmati liburan, dengan mengunjungi berbagai desti merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Mengunjungi tempat-tempat berlibur yang belum pernah dikunjungi, menjadi pilihan banyak orang. Menikmati liburan kadang menjadi kehawatiran banyak orang, karena tidak bisa dipungkiri berlibur akan membutuhkan dan menghabiskan banyak uang. Namun itu bisa dihindari dengan mempersiapkan rencana perjalanan, dan memilih destinasi yang pas dikantong.

Untuk menikmati berlibur kini tak perlu khawatir lagi membuat dompet jebol. Banyak destinasi wisata di Cianjur yang murah tapi menyenangkan. Ada curug dan wisata lainnya. Simak ulasannya!

1 Gobang Green Pinus

Gobang Green Pinus jadi salah satu pilihan untuk menikmati libur, dengan tetap menjaga kapasitas isi dompet. Terletak di Kampung Pasir Bungur, Desa Sukamanah, Kecamatan Cibeber, tempat ini cocok untuk berwisata bersama keluarga dengan biaya.

Tempat ini dipenuhi pohanan pinus cocok untuk tempat santai dan merileksasikan diri dari kesibukan sehari hari. Tempat ini sudah ada sejak dua tahun lalu. Awalnya bagi yang masuk tidak dipungut biaya, hanya memberikan uang sekehendak pengunjung.

Namun untuk sekarang, pengunjung yang datang cukup mengularkan uang Rp5 ribu untuk tiket masuk dan Rp2 ribu untuk parkir. Untuk masuk ke wahana selfie cukup membayar Rp10 ribu. Dengan berbagai sport foto, Seperti Taman Selfie, Flying Fox, panahan, hingga of road untuk anak-anak dan dewasa. Kesejukan alamnya,dan keestetisan pohon pinus mampu memanjakan diri seharian disana.

2 Taman Raya Cibodas

Destinasi wisata yang cukup luas, letak Cibodas yang berada di ketinggian sekitar 1.300 sampai 1.425 mdpl.Kebun yang memiliki sekitar luas 84,99 hektar. Dijamin meski seharian di tempat ini anda tidak akan merasa bosan, karena banyak ragam keindahan di setiap sudut tempat. Mulai dari perbukitan hijau, danau air mancur, Rumah kaca, air terjun (Curug Ciismun), taman sakura dan berbagai tempat indah lainnya.

Meskipun luasnya tempa wisata ini, dan berbagai keindahan yang bisa kita jelajahi. Tarif biayanya tetap terjangkau, yakni sekitar Rp 17.000 per orang dengan biaya parkir sekitar Rp5 ribu untuk roda dua dan Rp 16.000 untuk roda empat. Taman Cibodas merupakan tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu libur, terutama bersama keluarga.

3 Curug Cikondang

Curug cikondang
Curug cikondang

Niagara mini Amerika ada di Cianjur yakni Curug Cikondang, salah satu wisata air terjun yang terletak di Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur ini termasuk wisata air terjun yang populer. Terbukti, air terjun ini selalu dikunjungi oleh banyak pengunjung baik masyarakat dari berbagai daerah maupun para turis setiap hariny.

Cikondang ini, pengunjung cukup membeli tiket masuk sebesar Rp5.000. Serta, untuk biaya parkir motor Rp5.000, dan parkir mobil sebesar Rp10.000.

4 Curug Citambur

Berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur.Destinasi wisata ini menjadi salah satu yang paling terkenal dan begitu disukai wisatawan baik dari dalam maupun luar kota. Disayanhkan jika dilewatkan, saat ada kesrmpatan untuk mendatanginya.

Air terjun Citambur memiliki ketinggian mencapai sekitar 100 meter. Berada di daerah dengan keindahan alam yang disajikan, menjadikan wisata alam paling membahana. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, 3.000 per-orang. Jika anda membawa kendaraan tidak perlu khawatir, karena ada penjaga parkir dengan tarig parkir motor 3.000 dan mobil 5.000.

5 Talaga Biru

Talaga biru atau Telaga Biru, terletak di taman nasional  gunung gede. Akibat tertutupnya oleh gangga biru, air telaga ini berwarna kebiruan. Dengan luas sekitar 5 hektar,Memberikan keindahan tersendiri dan keunikan yang jarang ditemui dimana saja. Menjadikan telaga biru ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Tarif harga memasuki telaga biru ini sanagt ter jangkau, dengan dipungut biaya sebesar 5.000 untuk setiap orannya.

6. Danau Leuwi Soro

Danau Leuwi Soro Berada di Kecamatan Pagelaran, Cianjur, danau ini membawa suasana yang sangat alami dan menenangkan hati. Air danau yang sangat jernih dan tenang, serta rindangnya pepohonan yang menjadikan pemandangan danau menjadi begitu sangat asri. Harga tiket masuk yang murah, dirasa tidak rugi untuk menikmati keindahan danau ini. Dengan mengeluarkan uang 5.000 untuk setiap orang, anda bisa menikmati keinndahan Danau Leuwi Soro.

7 Tirta Jangari

Terletak di Desa Bobojong, Kecamatan Mande yang berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Cianjur. Tirta Jangari menyajikan keindahan panorama alam dan air waduk Cirata. Dengan keestetisan beberapa bangunan yang mengapung diatas perairan waduk.

Tempat ini sanagt cocok untuk menikmati libur santai sambil makan- makan, nasi liwet dan ikan bakar yang dijamin nikmat. Terutama makan liwetnya bersama keluarga. Dengan 15.000 dihari- hari  biasa dan , kisaran 20.000 di hari- hari weekand.

8 Gunung Padang

Berlibur sambil menambah pengetahuan, mengenal peninggalan sejarah.  Situs megalitikum, berupa punden berundang dengan keindahan dan sejarah ribuan batu menhirnya. Menjadi destinasi tempat untuk menikmati berlibur.

Tangga yang naik saat kita mengunjungi gunung padang ini menjadi tantangan tersendiri untuk melewatinya, namun tak menjadi sia- sia saat sampai di atas kita akan disuguhi pemandangan dan hal baru yang luar biasa. Untuk menikmati situs ini kita hanya mengeluarkan unag sebesar 5.000 saja, sebagai pembelian tiket masuk. Kita bisa berkelilih dan menikmati destinasi studi wisata, di luas kuarng lebih 29 hektar ini.

9 Tracking Gunung Gede dan Pangrango

Siapa nih, yang suka berlibur dengam adu adrenalin. Muncak atau menadaki gunung menjadi pilihan terbaik, dan hal yang patut dilakukan saat ada kesempatan yang pas. Terutama di Cianjur terkenal dengan dengan objek pendakiannya yaitu Gunung Gede dan Pangrango yang jarang sepi saat dibukanya jalur pendakian. Panorama dari puncak gung yang tak bisa dilupakan siapapun setelah mengalaminya, dan menjadi daya tarik kuat bagi orang yang belum mengunjunginya.

Namun sebelum menikmati libur dengan gaya ini, kita harus memperhatikan dan mempersiapkan perlengkapan yang harus dipersiapkan.Gunung Gede dan Pangrango, harus memiliki Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi(Simaksi) terlebih dahulu. Caranya dengan mengisi form aplikasi secara online.Selain itu, pendakian harus dilakukan secara berkelompok. Anggota minimal tiga dan maksimalnya 10 orang pendaki.

Pembayar tarif tiket yang sudah termasuk asuransi. Untuk pendakian 2 hari 1 malam,setiap pendaki WNI yang melakukan pendakian pada hari kerja Rp29.000, di hari libur Rp34.000. Sedangkan bagi pelajar WNI di hari kerja Rp17.500 dengan catatan harus 10 orang dengan identitas kartu pelajar atau mahasiswa. 

10 Alun-alun Cianjur

Masjid Agung Cianjur
Alun-alun dan Masjid Agung Cianjur.

Menjadi hal yang wajar ketika sekarang ini di Cianjur, alun- alun menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati libur. Terutama setelah berubahnya alun- alun Cianjur menjadi wajah baru, banyak orang yang datang untuk berwisata bahkan dari luar kota Cianjur. Perubahan alun- alun yang tak lagi sesederhana dulu, kini banyak tempat yang indah dan unik yang dimiliki alun-alun Cianjur ini.

Terutama dengan biaya yang Free alias geratis, alun- alun Cianjur ini bisa dimasukan dalam tempat yang dikunjungi saat berlibur. Namun hingga sekarang jadwal berkunjung masih baru dibuka Senin sampai Jumat mulai dibuka pukul 13:00 WIB sampai pukul 18:00 WIB. Sabtu pukul 09.00 sampai 21.00 WIB dan Minggu pukul 08.30 sampai 18.00 WIB, ini harus diketahui untuk menikmati berkiur di alun- alun Cianjur ini. 

Memiliki objek wisata yang tak kalah bagusnya dengan tempat lain. Arsitektur alun- alun yang begitu indah, dan menarik. Menjadi objek suafoto bagi para pengunjung. Hamparan karpet yang cukup luas, sering digunakan sebagai tempat bermain anak- anak yang berkibur bersama keluarga.(*)

Penulis: Siti Nurlaela

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker