Today

Besok, Polri akan Perkenalkan Seragam Satpam Terbaru

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Polri berencana memperkenalkan seragam Satpam terbaru. Pengenalannya tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke-41 yang jatuh pada 31 Januari 2022.

Jika sebelumnya pakaian Satpam menyerupai seragam Polisi, kali ini warnanya akan berubah menjadi warna krem untuk bagian atas dan celana tetap berwarna cokelat.

Warna krem inilah yang disebut-sebut identik dengan seragam Polisi India seperti yang biasa muncul di acara TV.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, bahwa rincian mengenai warna seragam satpam tersebut masih dalam pengkajian.

“Rencana pengenalan penggantian ini akan ada di HUT Satpam 31 Januari 2022,” ujar Ramadhan, Kamis (13/1/2022). Sebagaimana dikutip dari situs Humas Polri, hari ini.

Ia mengatakan, nantinya akan ada Peraturan Polisi (Perpol) mengenai penggantian warna seragam tersebut. Perubahan warna seragam ini akan efektif setahun setelah Perpol terbentuk.

“Kapan rencananya, kalau jadi, nanti akan ada Perpol yang mengatur tentang seragam satpam dan efektifnya berlaku setahun setelah Perpol terbentuk,” paparnya.

Sebelumnya, pengubahan warna seragam bagi satpam bertujuan untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat.

Seragam saat ini terlalu mirip dengan seragam Polri, sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan masyarakat untuk membedakan antara Polisi dan Satpam.

Sementara itu, Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas yang perlu memiliki identitas sendiri dan berbeda dengan Polri selaku pembinanya.(sis)

Sumber: Katasiber.id

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button