CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Inilah beberapa contoh body shaming yang saat ini tengah menjadi permasalahan banyak orang. Perilaku mengkritik fisik seseorang yang dapat menyinggung, terkadang dilakukan tanpa sadar namun sangat berpengaruh pada orang tertentu.

Pelaku body shaming biasanya berniat memberi saran, namun tak jarang korban justru merasa tersinggung. Hal ini sebenernya wajar terjadi jika menyangkut fisik seseorang, namun yang jadi permasalahan adalah ketika pelaku memang dengan sengaja mengkritik untuk menyinggung seseorang.

Contoh Body Shaming

Hal ini kerap kali kita lakukan tanpa sadar, biasanya kita melontarkan perkataan body shaming di kehidupan sehari-hari. Berikut contoh body shaming!

1 Wah! Sekarang Gendutan, ya?

Perkataan ini sangat tidak sepantasnya diucapkan pada orang lain. Meski kamu mengatakannya dengan tidak bermaksud menyinggung, tetapi membahas bentuk tubuh seseorang secara terang-terangan akan berakhir sebagai tindakan body shaming.

2 Kamu Bakal Lebih Cantik Kalo Tidak Jerawatan

Yang kedua sering terjadi adalah menyinggung soal jerawat. Saat ini jerawat menjadi permasalahan besar bagi para remaja, karena body shaming ini banyak orang menjadi tidak percaya diri dan merasa memiliki penampilan yang buruk. Maka jika kamu berada dalam situasi ini, pastikan hindari perkataan ini atau kamu akan menjadi seorang pelaku body shaming.

3 Kok Kurusan Sih?

Bukan hanya kepada orang dengan berat badan yang besar, tetapi menyinggung orang kurus juga termasuk body shaming. Setiap orang punya proporsi tubuh yang berbeda, tak selamanya orang gendut merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Begitupun orang kurus terkadang merasa tak percaya diri karena tubuhnya yang tak berisi.

5 Iteman Sekarang?

Selanjutnya adalah membahas warna kulit. Tidak hanya di Indonesia, di luar negeripun masalah warna kulit merupakan masalah sensitif. Saat kamu menyinggung warna kulit seseorang kamu tidak hanya melakukan body shaming, tetapi juga rasisme. Pastikan untuk selalu berhati-hati saat berbicara, jangan sampai kamu menyinggung hati seseorang.

Jenis-jenis Body Shaming

Body shaming sendiri, terbagi menjadi dua katergori.

1 Dilakukan secara tidak langsung melalui transmisi narasi di media sosial

Kategori pertama adalah Body shaming secara tidak langsung. Mentransmisikan narasi berupa hinaan, ejekan terhadap bentuk, wajah, warna kulit, postur seseorang menggunakan media sosial.

2 Dilakukan Secara Langsung

Kategori kedua adalah yang dilakukan secara langsung melalui perkataan atau hinaan di media sosial ke korban. Seperti melakukan body shaming tersebut secara verbal, langsung ditujukan kepada seseorang.

Nah itu dia contoh dari body shaming. Sebisa mungkin hindari ya agar tidak menyinggung seseorang. Semoga bermanfaat!(ega/rez)